8 Jurus Jitu Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan
Mempertahankan hubungan
terbilang cukup penting setelah saudara melakukan strategi menjalin hubungan
dan bagaimana komunikasi yang efektif dengan pelanggan pada post sebelum ini.
Kini tinggal bagaimana mempertahankan hubungan yang baik dengan pelangan.
Bisa di katakan memanjakan
pelanggan adalah hal yang termasuk Vital. Prinsip memanjakan pelanggan telah di
terapkan didunia perbangkan seperti para nasabah di manjakan pelayanan. Perbangkan
sukses dalam meng-gaet pelanggan dikarenakan menggunkan konsep dan strategi yang
matang dari A-Z dalam menjalin, berkomunikasi, mempertahankan bahkan men-target
nasabah yang potensial.
Telah di sebutkan pada post
1 dan 2 tepat sebelum ini, dalam kesemuan hal bisnis pelanggan adalah nomor
satu. Pelanggan merupakan aset brilian yang sangat berharga. Hal ini karena
melihat persaingan bisnis yang sangat ketat, belum lagi usaha yang menyamai
usaha Saudara. Jika kita lengah sedikit saja seperti rasa kecewa yang kecil atas
pelayanan, atau complain tidak di tanggapi bisa-bisa langsung kabur ke yang
lain.
Berikut jurus jitu mempertahankan
hubungan yang baik dengan pelanggan. silahkan di catat atau di ambil poinnya
saja, sekira ilmu ini bermanfaat bagi saudara.
1. Bersikaplah jujur kepada
pelanggan.
Ingatlah bahwa kepercayaan pelanggan
sama pentingnya dengan kualitas produk atau jasa yang Saudara tawarkan. Oleh
sebab itu, hubungan jangka panjang dengan pelanggan harus dijalin berdasarkan
kejujuran dan integritas
2. Jagalah komitmen.
Jangan membuat janji yang
tidak bisa Saudara penuhi sebab hal ini akan merusak hubungan dengan pelanggan.
Jika Saudara mengalami masalah, beri tahukan hal tersebut dengan jujur kepada
pelanggan. Saudara harus segera memberi tahu pelanggan jika terjadi masalah,
misalnya ketika Saudara tidak bisa memenuhi tenggat, kesulitan menemukan produk
tertentu, atau belum bisa menyediakan jasa yang dibutuhkan.
3. Utamakan transparansi
dalam bertransaksi.
Dalam menjalankan bisnis, transparansi berarti
menanggapi permintaan dan keluhan pelanggan dengan memberikan respons yang
memuaskan. Jika Saudara perlu mencari informasi sebelum menjawab pertanyaan
atau menanggapi permintaan pelanggan, sampaikan dengan jujur dan buatlah
komitmen yang mampu Saudara penuhi.
Cara tersebut memberikan kesan kepada pelanggan bahwa Saudara menghargai
pendapat mereka dan selalu menempatkan
pelanggan sebagai prioritas utama.
4. Buatlah situs web agar
pelanggan bisa mencari tahu status pesanan mereka, memantau progres pekerjaan,
atau mendapatkan informasi penting tentang produk atau jasa yang mereka butuhkan.
5. Akui jika terjadi
kesalahan, masalah, atau penundaan.
Pelanggan biasanya tahu
apakah Saudara mengatakan yang sebenarnya atau tidak memberikan informasi yang
relevan. Hubungan jangka panjang dengan pelanggan membutuhkan transparansi dan
rasa saling percaya.
6. Ucapkan terima kasih
kepada pelanggan.
Menghargai kerja sama dan loyalitas
pelanggan adalah cara menjaga hubungan baik dengan mereka. Agar bisa melakukan
ekspansi bisnis, Saudara bukan hanya membutuhkan pelanggan baru, tetapi harus
memberikan penghargaan kepada pelanggan setia.
Tips
Untuk menciptakan loyalitas
pelanggan, adakan program berhadiah untuk pelanggan tetap, yaitu orang-orang
yang sudah menginvestasikan banyak waktu dan uang dalam bisnis Saudara. Hadiah
bisa berupa pemberian kartu untuk mengumpulkan poin, bingkisan berbentuk kartu,
dan penawaran istimewa.
7. Jalinlah hubungan yang
saling menghargai.
Berinteraksi dengan pelanggan
secara personal adalah cara terbaik menjalin hubungan dan menumbuhkan loyalitas. Pengalaman pribadi
pelanggan saat melakukan transaksi bisnis dan kenyamanan berkomunikasi dengan Saudara
sangat dibutuhkan untuk menjalin hubungan jangka panjang.
8. Berbicaralah dengan pelanggan secara langsung.
Kesulitan menghubungi seseorang dan layanan operator telepon yang memakan waktu
cenderung menjadi pengalaman tidak menyenangkan bagi pelanggan.
Pelanggan lebih menghargai
pelayanan personal yang sepenuh hati. Jadi, jangan mengSaudaralkan sumber daya
eksternal sebagai pengelola presentasi bisnis Saudara di media sosial atau
sebagai personel yang melayani pelanggan.
Tips
* Hubungan baik dengan
pelanggan membuat masalah lebih mudah diatasi, misalnya ketika mereka merasa
kurang puas dengan pelayanan yang Saudara berikan, pesanan yang terlambat
dikirim, atau permintaan yang tidak terlayani dengan baik. Kelancaran
komunikasi akan memperkuat relasi bisnis sehingga Saudara lebih mudah menemukan
akar permasalahan dan memberikan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.
Jika artikel ini bermanfaat
silakahkan share dan Submit (langganan). Sekian Jurus Jitu Mempertahankan
Hubungan Baik dengan Pelanggan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi saudara
dalam menjalankan binis atau usaha.
Salam MASYIS
Sumber pendukung :
bloomberg.com/bw/stories/2007-06-01/building-customer-relations-by-listeningbusinessweek-business-news-stock-market-and-financial-advice
inc.com/guides/201101/how-to-build-better-business-relationships.html
allbusiness.com/slideshow/ten-tips-to-build-customer-loyalty-16675686-1.html/2
marketingdonut.co.uk/marketing/customer-care/understanding-your-customers
mallbizdaily.com/21233/creating-repeat-business-customer-relationships/
dll
0 Response to "8 Jurus Jitu Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan"
Posting Komentar