5 Cara Komunikasi yang Efektif dengan Pelanggan
Berkomunikasi
merupakan salah satu aspek penting untuk menjalin hubungan dengan pelanggan.
Oleh sebab itu, Saudara harus menyiapkan dan memanfaatkan sebanyak mungkin
sarana komunikasi.
Berkomunikasi
dengan pelanggan berguna sebagai penguat hubungan yang secara tidak langsung akan
memberikan keberuntungan di masa sekarang maupun di masa depan. Komunisi yang
efektif antara pemilik usaha dengan pelanggan akan terlihat dari berapa
pelanggan yang loyalitasnya tinggi kepada saudara (timbale balik). Pemilik usaha
seharusnya sadar untuk menentukan dan melakukan hal ini, jika dia tidak mau
kehilangan pelanggan secara pelan-pelan. Cara
berkomunikasi dengan pelanggan memang sangat banyak, tergantung cara mana yang lebih
efektif untuk di lakukan saudara.
Berikut
5 komunikasi dengan pelanggan yang terbilang cukup efektif :
1.
Temukan berbagai cara agar pelanggan tetap mengingat Saudara setelah pertemuan
pertama. Sesaat setelah bertemu pelanggan, hubungi pelanggan dengan mengirimkan
surel, buletin, atau media lain.
2.
Jangan terfokus hanya pada produk atau
jasa yang ingin Saudara pasarkan dengan
menghubungi pelanggan saat Saudara
membutuhkan mereka untuk berbisnis. Tetapi Kirimkan juga informasi jika
perusahaan akan mengadakan kegiatan atau meningkatkan kualitas produk/jasa. Mengirimkan
berita terbaru secara rutin merupakan salah satu cara menjalin komunikasi
antara Saudara dan pelanggan yang tidak semata-mata demi kepentingan bisnis.
Libatkan pelanggan dalam kegiatan bisnis. Salah satu cara menjalin hubungan
baik dengan pelanggan adalah membuat pelanggan merasa dilibatkan dalam
pengembangan dan kemajuan perusahaan. Berusahalah melakukan komunikasi dua arah
dengan pelanggan.
2
Jika perlu kirimkan buletin bulanan.
Mengirimkan
buletin adalah cara menginformasikan produk/jasa, rencana kegiatan, dan sebagai
media promosi. Buletin bisa diterbitkan dalam bentuk cetakan atau dikirim
melalui e-mail.
3
Buatlah akun media social usaha saudara
Saat
ini, media sosial berperan penting untuk bekomunikasi dengan pelanggan.
Persiapkan diri untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai media
sosial di luar jam kerja. Seperti melalui akun Facebook, Twitter, atau media
sosial yang lain untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Kirimkan “Permintaan Pertemanan” kepada pelanggan agar
mereka bisa mengakses akun perusahaan dan mengetahui profil bisnis Saudara
4.
Adakan acara khusus, pesta, dan kontes, lalu undanglah para pelanggan.
Manfaatkan kegiatan tersebut sebagai kesempatan untuk bertatap muka dengan
pelanggan, mengajak mereka untuk terlibat aktif dalam aktivitas bisnis, dan
menunjukkan apresiasi atas loyalitas mereka kepada perusahaan
5
Mintalah umpan balik dari pelanggan kritik dan saran.
Selain
meminta pelanggan memberikan saran atas fitur atau produk baru agar lebih
menarik, berikan kesempatan agar pelanggan bisa menyampaikan kritik atas produk
dan layanan perusahaan. Selain meningkatkan loyalitas pelanggan, Saudara bisa
memperoleh informasi penting tentang kebutuhan dan tingkat kepuasan pelanggan.
Beri
tahu pelanggan bahwa Saudara membutuhkan umpan balik konstruktif yang jujur dan
akan mempertimbangkan saran yang mereka sampaikan untuk meningkatkan performa
perusahaan.
Saat
pelanggan memberikan saran atau kritik, tunjukkan bahwa Saudara mengerti apa
yang mereka sampaikan dengan mendengarkan baik-baik dan memberikan tanggapan
Tips
*
Saat berkomunikasi, sapalah pelanggan dengan menyebutkan nama sesuai keinginan
mereka. Biasakan menyapa pelanggan dengan hormat, misalnya menggunakan sapaan
bapak atau ibu dan nama marganya. Gunakan nama kecil seizin pelanggan.
Sekian
5 Cara Komunikasi yang Efektif dengan Pelanggan. Semoga memberi manfaat dan
menginspirasi saudara. Jika artikel ini bermanfaat Silahkan Share dan
Berlanggan artikel MASYIS. Terima kasih
Sumber
pendukung:
inc.com/guides/201101/how-to-build-better-business-relationships.html
allbusiness.com/slideshow/ten-tips-to-build-customer-loyalty-16675686-1.html/2
marketingdonut.co.uk/marketing/customer-care/understanding-your-customers
mallbizdaily.com/21233/creating-repeat-business-customer-relationships/
dll
0 Response to "5 Cara Komunikasi yang Efektif dengan Pelanggan "
Posting Komentar