Begini, Strategi Awal Menjalin Hubungan dengan Pelanggan Bisnis
Aset tidak hanya berupa jumlah
total modal yang dimiliki oleh pengusaha, akan tetapi pelanggan yang potensial dan
loyalitasnya tinggi juga sangat penting untuk diperhatikan. Modal bagaikan suami dan pelanggan
adalah istri kedua wajib sebaiknya harus sama kuat, kemudian munculah anak
sebagai profit. Strategi untuk menjalin hubungan
dengan pelanggan ini mudah di aplikasikan.
Pada akhirnya bacaan ini
dikira sangat penting bagi pemilik usaha maupun saudara yang akan terjun dalam
dunia usaha atau bisnis untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Jangan sampai
saudara salah dalam menggaet pelanggan yang nantinya akan menjadi pelanggan
yang potensial pada usaha saudara.
Untuk lebih baiknya catat
dan jadikan note tersendiri, berikut awal strategi menjalin hubungan dengan
pelangganyang top markotop:
1. Berusahalah mengenal
pelanggan secara personal. Pelanggan biasanya lebih suka berbisnis dengan
orang-orang yang sudah mereka kenal dan bisa berinteraksi dengan baik. Maka,
Saudara perlu mengenal pelanggan secara personal.
2. Saat bertemu pelanggan,
sempatkan mengobrol untuk menanyakan beberapa hal tentang perusahaan dan sapa
menayakan kabar, misalnya: produk atau layanan apa saja yang ia butuhkan,
apakah ada masukan yang ingin ia sampaikan, apa kelebihan dan kekurangan bisnis
yang Saudara kelola.
3. Berusahalah menghafalkan
nama pelanggan, anggota keluarganya, dan aspek personal lainnya sebab akan
sangat bermanfaat di kemudian hari.
4. Catatlah secara mendetail
umpan balik yang pelanggan sampaikan agar Saudara bisa memahami dengan baik apa
yang pelanggan alami.
5. Adakan acara khusus
sebagai kesempatan bertatap muka dan mengenal para pelanggan secara personal.
Mintalah mereka mengajukan pertanyaan dan memberikan saran agar Saudara
memahami keinginan dan kebutuhan mereka secara spesifik.
6. Simpanlah data pelanggan
dengan membangun basis data yang terdiri dari nomor telepon, alamat rumah, dan
alamat e-mail.
7. Saudara bisa memberikan
respons dan layanan yang lebih baik jika menyimpan data pelanggan secara
lengkap dan mendetail.
8. Basis data pelanggan yang
baik terdiri dari nomor telepon, alamat rumah, dan alamat surel. Selain itu,
Saudara harus memiliki data preferensi pelanggan, perilaku pembelian, riwayat
pesanan, dan indeks kepuasan pelanggan yang mencerminkan performa perusahaan
dalam memenuhi kebutuhan pelanggan
9. Pelajari preferensi dan
kebutuhan pelanggan dengan menganalisis data yang diperoleh melalui survei,
jajak pendapat, dan kuesioner. Informasi tersebut sangat bermanfaat sebagai
umpan balik tentang performa perusahaan untuk mengetahui hal-hal yang pelanggan
inginkan dan aspek yang perlu diperbaiki.
10. Pelanggan yang merasa
diperhatikan dan didengarkan cenderung lebih suka berinteraksi dengan Saudara
dan perusahaan Saudara, misalnya melalui survei, jajak pendapat, dan kuesioner.
Cara tersebut membuat pelanggan memilih perusahaan Saudara untuk melakukan
transaksi bisnis.
11. Aspek lain yang berperan
penting dalam menjalin dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan adalah
kepuasan karyawan. Berusahalah mencari tahu tingkat kepuasan karyawan dan
mintalah mereka memberikan saran perbaikan kepada manajemen.
12. Manfaatkan saran
tersebut sebagai umpan balik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
13. Lakukan riset pelanggan
untuk mengetahui lebih jauh kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kualitas
hubungan antara pelanggan dan
perusahaan, lakukan evaluasi penerapan prosedur dan performa perusahaan.
Selain itu, Saudara perlu mengumpulkan informasi melalui riset pasar untuk
mengetahui hal-hal mendetail tentang pelanggan. Kumpulkan informasi sebanyak
mungkin dengan menanyakan apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan. Tanyakan
juga seberapa besar tingkat kepuasan mereka agar Saudara bisa memperbaiki
hubungan dan meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh.
14. Pelajari pangsa pasar
tertentu dengan menganalisis hasil riset pasar yang berlaku umum untuk
mengetahui kondisi pasar dan memperoleh informasi yang bisa Saudara manfaatkan
untuk meningkatkan kualitas hubungan bisnis dengan pangsa pasar dalam demografi
tertentu.
15. Gunakan program analisis
bisnis dan komputer untuk mengumpulkan informasi sehingga Saudara bisa
berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efektif.
Tips
*Jangan bersikap negatif
kepada pelanggan. Berusahalah memahami apa yang ia sampaikan, meskipun
berdasarkan asumsi yang keliru atau informasi yang tidak akurat.
*Katakan hal-hal penting
yang pelanggan ungkapkan dan tanyakan apakah Saudara sudah memahami
penjelasannya dengan benar.
*Tentukan tanggal dan jam
berapa Saudara akan memberikan jawaban agar pelanggan merasa didengarkan dan
bisa mengharapkan solusi yang nyata.
Sekian Strategi Menjalin Hubungan dengan Pelanggan Yang Top Markotop, semoga bermanfaat. jangan lupa langganan artikel Blog MASYIS
Sumber pendukung
bloomberg.com/bw/stories/2007-06-01/building-customer-relations-by-listeningbusinessweek-business-news-stock-market-and-financial-advice
inc.com/guides/201101/how-to-build-better-business-relationships.html
allbusiness.com/slideshow/ten-tips-to-build-customer-loyalty-16675686-1.html/2
marketingdonut.co.uk/marketing/customer-care/understanding-your-customers
mallbizdaily.com/21233/creating-repeat-business-customer-relationships/
dll....
0 Response to "Begini, Strategi Awal Menjalin Hubungan dengan Pelanggan Bisnis"
Posting Komentar