Penjara Penuh, Sang Presiden Negara Ini Ampuni 3.000 Tahanan


Bagi mereka tahanan yang di ampuni mungkin sangat dan luar biasa bahagia. Bagi mereka ampunan dari bapak Presiden ini adalah sesuatu yang sangat berharga bahkan tak ternilai.

Sebagaimana dilansir dari kompas.com presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa telah memaafkan paling tidak 3.000 orang tahanan di semua negeri. Langkah pengampunan tersebut dipungut untuk meminimalisir tingkat kepadatan di penjara Zimbabwe. 
Penjara Penuh, Sang Presiden Negara Ini Ampuni 3.000 Tahanan

Disampaikan Lembaga Pemasyarakatan dan Penjara Zimbabwe (ZPCS) dalam pernyataannya, Kamis (22/3/2018), tahanan yang dilepaskan di antaranya ialah tahanan wanita, remaja dan difabel. "Pengecualian guna tahanan yang dijatuhi hukuman seumur hidup," tulis pengakuan tersebut, dikutip AFP.

"Selain tersebut tahanan yang sakit parah dan yang berusia di atas 60 tahun tetapi telah menjalani minimal sepertiga masa hukuman pun dibebaskan."
"Tindakan pengampunan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengurangi situasi di dalam penjara yang sudah menjadi sarat sesak," tambah pengakuan itu.

Dengan selama 3.000 tahanan yang bakal dibebaskan, populasi di penjara Zimbabwe bisa berkurang menjadi 17.000. Lembaga Pemasyarakatan dan Penjara Zimbabwe pun menyatakan, tahanan hukuman mati yang sudah dipenjara sekitar lebih dari 10 tahun tidak bakal dieksekusi namun akan menguras hidup di penjara.

Zimbabwe terakhir kali mengeksekusi terpidana mati pada 2005 dan Mnangagwa yang menjabat presiden menggantikan Robert Mogabe semenjak November 2017 adalah orang yang sangat membangkang hukuman mati.

Tahanan yang dihukum atas permasalahan pembunuhan, pengkhianatan, pemerkosaan, pembajakan mobil, perampokan bersenjata dan yang dijatuhi hukuman oleh pengadilan militer tidak masuk dalam program amnesti. [1

0 Response to "Penjara Penuh, Sang Presiden Negara Ini Ampuni 3.000 Tahanan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel