Meski Buta dan Menggembala 30 Ekor Kambing, Penggembala Ini Tak Pernah Kehilangan 1 Ekor Kambing


Sabir Khan, ialah seorang gembala domba biasa di suatu desa di negara unsur Madhya Pradesh, India. Sabih Khan bukan siapa-siapa, bukan sosok ternama tetapi tidak sedikit hal dapat dipelajari dari sosok orang desa ini. Sabir Khan yang kebetulan penyandang tuna netra tak pernah menyerah dengan suasana fisiknya.

Dia tetap bekerja menjadi gembala domba dan luar seringkali meski tak dapat melihat, Hebatnya, si sabir belum pernah kehilangan satu juga kambing.

Buta dan Punya 30 Ekor Kambing, Penggembala Ini tak pernah Kehilangan 1 Ekor Kambing.

"Setiap kali saya memanggil, mereka bakal datang dan berkumpul di dekat saya," kata Sabir seraya menggendong salah seekor kambingnya.

Memang, Sabir memakai suara dan teriakannya yang khas guna mengendalikan kambing-kambingnya ketika digembalakan. Sepuluh tahun lalu, Sabir melulu mempunyai dua ekor kambing. 

Dia lantas mengikuti suatu program khusus untuk warga yang menyandang tuna netra. Program itu dilakukan sebuah organisasi non-pemerintah yang menolong Sabir mengembangkan bisnis ternak kambingnya.

Kini Sabir mempunyai 30 ekor domba dan dia berencana guna terus meningkatkan jumlah fauna ternaknya itu. "Saat malam tiba, saya memakai tekanan suara tertentu guna memanggil kambing-kambing saya," kata Sabir. "Setelah domba terkumpul, seorang relawan LSM lantas membantu saya kembali ke rumah," tambah dia.

Rekan-rekan sesama gembala domba mengaku paling salut atas keterampilan Sabir mengajar hewan-hewan ternaknya.Berdasarkan keterangan dari kawan-kawannya, Sabir mempunyai seekor domba yang amat terlatih untuk menuntun kawan-kawannya. "Dia menyuruh kambing tersebut dan yang lain bakal mengikuti," ujar seorang teman Sabir Khan. [1

0 Response to "Meski Buta dan Menggembala 30 Ekor Kambing, Penggembala Ini Tak Pernah Kehilangan 1 Ekor Kambing"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel