5 Strategi Pemasaran Distro Bikin Omset Melonjak
Persaingan industri
garmen semakin hari semakin ketat, walaupun terbilang cukup kecil segmen pasar
produk distro tidak kalah sama dengan produk garmen. Sehingga tidak heran bila
di tengah membludaknya produk garmen dari luar negeri, keberadaan outlet-outlet
distro di Indonesia malah semakin mewabah sampai ke penjuru daerah.
5 Strategi Pemasaran Bisnis Distro yang Bikin Omset Melonjak
Salah satu strategi
Pemasaran bisnis distro adalah Mengusung konsep eksklusif dengan pilihan desain
baju atau kaos yang inovatif, ternyata menjadi salah satu strategi yang jitu
bagi para pelaku bisnis distro untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar dan
mendapatkan perhatian dari calon konsumen.
Nah, agar bisnis distro
Anda bisa tetap terus eksis dan terus berkembang, berikut ada beberapa konsep
pemasaran unik yang bisa Anda jalankan di outlet distro anda.
1. Membuat konsep unik
sesuai dengan komunitas yang Anda bidik.
Seperti kita ketahui
bersama, kehadiran distro sangatlah lekat dengan gaya hidup anak muda yang
cenderung senang berkumpul dan bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu
sesuai dengan minat atau hobi yang mereka miliki. Karena itu untuk memenangi
persaingan, tidak ada salahnya bila Anda membidik komunitas yang ada di sekitar
Anda sebagai segmen pasar yang cukup potensial. Contohnya saja seperti membidik
komunitas sepeda, penggemar bola, komunitas skater, distro muslimah, dan lain
sebagainya. Setelah menemukan konsep yang sesuai, selanjutnya buatlah desain
produk yang mewakili ciri khas komunitas tersebut, serta mulailah mendisplay
outlet Anda dengan interior atau ornamen tambahan yang senada.
2. Membuat desain unik
untuk memancing respon konsumen.
bisnis distroSelain
membidik komunitas yang ada di sekitar kita, strategi pemasaran lain yang perlu
Anda jalankan yaitu berani tampil beda untuk memancing minat pelanggan.
Keunggulan produk distro yang dikenal masyarakat dengan sebutan limited edition
(satu kali produksi untuk satu desain) ternyata tidak menjadi jaminan
kesuksesan bisnis distro Anda.
Oleh karenanya, ciptakan
desain yang unik, trendi, dan inovatif, agar produk Anda memiliki ciri khas
tertentu serta sentuhan nilai seni yang lebih tinggi. Misalnya saja seperti
mencantumkan kata-kata motivasi dalam setiap produk yang didesain, mengangkat
peribahasa plesetan untuk menarik minat pelanggan, menggunakan bentuk animasi
lucu sebagai ajang untuk berinovasi, atau bisa juga membuat desain sederhana
dan bersih untuk membidik konsumen yang menyukai desain-desain simpel.
3. Menjalankan strategi
pemasaran jemput bola menggunakan mobil distro keliling.
Tak hanya para pelaku
bisnis makanan saja yang bisa menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling.
Sekarang ini ada beberapa pengusaha distro yang mulai menjalankan strategi
pemasaran jemput bola menggunakan mobil keliling. Mereka mendisplay
produk-produknya di dalam mobil, dan berkeliling ke pusat keramaian untuk
memenuhi kebutuhan konsumennya. Terbukti strategi pemasaran ini tidak hanya
kreatif dari segi konsep, namun juga cukup efektif untuk mendongkrak penjualan
produk.
4. Memperluas jangkauan
pasar dengan membuka toko online.
Seiring dengan
meningkatnya jumlah pengguna internet, sekarang ini strategi pemasaran online
menjadi salah satu alternatif yang banyak dijalankan para pelaku usaha.
Murahnya biaya promosi yang dibutuhkan dan luasnya jangkauan pasar di dunia
maya, menjadikan media online sebagai lapak dagang yang cukup potensial untuk
mendatangkan banyak keuntungan. Terbukti, banyak pelaku usaha distro yang mulai
mendapatkan pelanggan, reseller, bahkan agen pemasaran di setiap kota, setelah
mereka mempromosikan keberadaan distronya melalui dunia maya.
5. Melayani delivery
order untuk memanjakan para konsumen.
Ketatnya persaingan
pasar dan banyaknya distro baru yang mulai bermunculan, menuntut para pelaku
bisnis distro untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk memanjakan para
konsumennya. Salah satunya saja seperti melayani delivery order untuk
memanjakan para konsumen yang lokasinya cukup terjangkau dari lokasi distro
Anda. Strategi pemasaran seperti ini belakangan mulai dijalankan para pengusaha
yang membuka lapak distro online.
Semoga kelima konsep
pemasaran unik bisnis distro ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan
membantu para pemula di industri distro untuk bisa mengoptimalkan pemasaran
produknya dan mendapatkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM
Indonesia dan salam sukses.
https://bisnisukm.com/strategi-pemasaran-bisnis-distro-yang-nggak-pasaran.html
0 Response to "5 Strategi Pemasaran Distro Bikin Omset Melonjak"
Posting Komentar