5 Cara Paling Mudah Membangun Loyalitas Pelanggan Lewat Keluhan
Menangani Masalah dan Keluhan adalah salah satu
membangun loyalitas pelanggan, Bagaimana tidak ? Pelanggan bisa saja lari
apabila komplain seperti keluhan dan
masalah yang sepele tidak di tanggapi dengan baik oleh pemilik bisnis maupun
karyawan. Menangani masalah dan keluhan pelanggan harus di tangani secepat
mungkin. Berikut cara menangani masalah dan keluhan yang akan membantu
saudara
1 Buat diri Saudara mudah diakses.
Pelanggan perlu mengetahui cara untuk
menghubungi Saudara , dan Saudara harus
benar-benar bisa dihubungi melalui sarana tersebut. Kemungkinan besar mereka
akan tetap menjadi pelanggan setia jika mereka percaya bahwa Saudara ingin terhubung dengan mereka. Aturlah agar
pelanggan mudah menemukan informasi kontak Saudara, cetaklah informasi tersebut
di tanda terima, pastikan kontak
Saudara mudah ditemukan di situs web,
dan sebagainya.
2 Sediakan saluran komputer atau telepon untuk
mengatasi masalah-masalah kecil.
Tergantung tingkat kerumitan masalahnya,
pelanggan cenderung mempunyai pilihan berbeda mengenai cara penanganan masalah
dengan bisnis Saudara . Sebagai contoh, banyak pelanggan tampaknya lebih
memilih untuk menggunakan surel atau situs perusahaan untuk masalah-masalah
kecil, seperti mencari produk, daripada terpaksa bicara di telepon atau pergi
ke tempat Saudara untuk bertemu dengan
seorang karyawan yang bisa membantu mengatasi keluhan.
3 Pastikan bahwa pelanggan dapat bertemu atau
berbicara dengan seseorang di tempat Saudara .
Untuk masalah yang lebih sulit seperti
permasalahan biaya,banyak pelanggan frustrasi dengan sistem otomatis dan ingin
agar mereka dapat bicara dengan orang yang nyata. Pastikan jika pelanggan
menelepon tempat usaha Saudara , mereka dapat dengan cepat terhubung dengan
orang yang dapat membantu mereka. Jika mereka datang ke toko, pastikan mereka
langsung diarahkan ke orang yang tepat yang dapat menangani persoalan mereka.
4 Latihlah karyawan Saudara untuk responsif dan perhatian.
Penting bagi Saudara dan karyawan untuk bersikap sopan kepada
pelanggan sepanjang waktu, tetapi memperlakukan pelanggan dengan respek akan
semakin vital bila mereka mengajukan permasalahan atau keluhan. Keluhan
terbesar pelanggan yang membuat mereka meninggalkan untuk merk atau jasa lain
adalah representatif pelayanan pelanggan yang kasar dan tidak responsif, dan
dilempar dari orang yang satu ke yang lain tanpa resolusi bagi masalah mereka.
5 Selesaikan masalah dengan cepat dan efisien.
Walaupun Saudara
berusaha untuk menjalankan bisnis dengan mulus, dan melakukan yang
terbaik untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan, pasti tetap ada masalah yang
harus Saudara selesaikan. Ketika ada
masalah yang ke hadapan, penting sekali
untuk menyelesaikannya sesegera mungkin. Biarkan pelanggan Saudara mengetahui bahwa permasalahan mereka
merupakan prioritas utama.
Sebagai contoh, katakanlah model mesin cuci yang
salah telah diantar dan dipasang di rumah keluarga Paijo pada hari Jumat.
Yakinkan mereka bahwa Saudara pribadi
yang akan mengawasi penyelesaian masalah tersebut, dan bahwa masalah itu akan
ditangani hari Sabtu.
Sumber Pendukung :
forbes.com/sites/alexlawrence
about.americanexpress.com/news
sba.gov/blogs
allbusiness.com/slideshow
entrepreneur.com/article
blog.kissmetrics.com/
wiki
how/
0 Response to "5 Cara Paling Mudah Membangun Loyalitas Pelanggan Lewat Keluhan "
Posting Komentar