5 Cara Mempertahankan ke-khasan bisnis Anda
Tentunya dalam
menjalankan sebuah bisnis, kita akan menghadapi berbagai bentuk kendala, tak
terkecuali adanya persaingan usaha. Menghadapi hal yang kadang diluar dugaan
sudah menjadi bumbu yang jika kita jeli, maka akan membuat kita semakin giat
dalam menjalankan bisnis tersebut.
Setiap bisnis yang ada
sampai dengan saat ini tentu memiliki ciri khas masing-masing, dan untuk
mempertahankan suatu ciri khas memanglah bukan perkara mudah, tapi bukan
berarti kita tak bisa melakukannya. Kali ini, saya akan berbagi pengalaman
seputar tips cara mempertahankan ciri khas bisnis Anda agar tak seragam dengan
pelaku bisnis lainnya.
1. Tentukan Identitas
Warna
Setiap hari kita melihat
warna, sedari kita bangun tidur, sampai dengan tidur lagi. Saya sering
melakukan eksperimen kepada teman-teman saya tentang menanyakan warna dari
produk tertentu. Dan 80% ketika menjawab, mereka menjawab warna yang
mendominasi dari bisnis tersebut. Begitu pentingnya warna untuk identitas
bisnis kita.
2. Panggilan Sayang
Terhadap Konsumen
Bisnis yang ideal adalah
bisnis yang meyapa dengan panggilan tertentu terhadap konsumen atau calon
konsumen yang akan membeli atau menggunakan jasa kita. Seperti ketika rekan tim
saya menyapa calon pengguna jasa mbojosouvenir, saya memanggil calon konsumen
saya dengan panggilan “sob” atau “sobat mbojo”, ini akan memberikan kesan
santai dan tidak terlalu kaku terhadap konsumen. Hati-hati dalam pemilihan
panggilan, usahakan tidak terkesan menyinggung calon konsumen kita.
3. Penyajian Produk di
SosialMedia
Untuk setiap apa saja
yang disajikan di sosial media, kita harus memperhatikan kualitas penyajian
dari produk atau tawaran jasa dari bisnis yang kita jalani. Untuk mendapatkan
kualitas dalam penyajian, seorang pebisnis harus pandai dalam mengetahui umuran
calon konsumen yang menggunakan bisnis kita. Pastikan penyajian kita bersifat
universal, tidak kaku dan juga tidak kekanak-kanakan.
4. Jangan Jiplak Gaya
Bisnis Pesaing
Hati-hati, bisnis bukan
tentang kita bisa mengikuti peluang bisnis yang sudah berkembang, bisnis
sebaiknya yang iconik alias bisa memberi hal baru yang tidak sama dengan yang
lainnya. Walaupun pada akhirnya ada saja yang mengikuti atau plagiat bisnis
kita, setidaknya konsumen akan tahu mana yang berkualitas, mana founder dan
mana follower. Percayalah diri dengan gaya konten dari bisnis yang kita miliki.
5. Tak Hanya Tentang
Untung, Gift Sangat Penting
Banyak yang mengira
bahwa bisnis hanya tentang untung dan rugi, ya benar, kita juga harus
memikirkan untung. Akan lebih beruntung lagi jika kita bisa membuat konsumen
menjadi loyal terhadap bisnis kita (untuk jangka panjang), berilah gift gratis
kepada konsumen. Dalam menjalankan bisnis, saya selalu memberi hal gratis
kepada konsumen saya, dan hubungan saya dengan konsumen sangat erat sampai
dengan saat ini.
Tetaplah percaya diri
dengan ciri khas dari bisnis kita, jangan mudah terpancing untuk “menjiplak” gaya
bisnis lainnya. Karena, konsumen sekarang sudah sangat pintar membandingkan
sesuatu. Salam Sukses!
Muhammad Fuady mbojosouvenir net-
https://bisnisukm.com/5-cara-mempertahankan-ciri-khas-bisnis.html
0 Response to "5 Cara Mempertahankan ke-khasan bisnis Anda"
Posting Komentar