5 Trick Mengetahui Pergerakan Pesaing Bisnis

Di Era serba modern sekarang ini, pebisnis jangan sampai manja. Takut dengan adanya kompetitor adalah pola pikir anda yang keliru. Dengan adanya kompetitor, justru akan membantu kita lebih kreatif dan lebih kritis dalam mengembangkan bisnis yang kita jalani.

Lalu, bagaimana cara mengetahui pergerakan pesaing bisnis?



1. Jadilah konsumen bayangan

Menjadi konsumen bayangan adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam mengetahui pergerakan pesaing bisnis. Dengan cara ini, kita bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing bisnis kita. Mulai dari kisaran harga yang ditawarkan hingga pelayanan yang diberikan oleh kompetitor atau pesaing bisnis, bisa kita ketahui dengan mudah apabila kita menjadi konsumen bayangan. Cara ini sudah bukan menjadi hal yang tabu lagi di dunia bisnis. Dengan menjadi konsumen bayangan, kita bisa lebih mudah mengantisipasi pergerakan harga ataupun kualitas yang digunakan oleh pesaing.

2. Bookmark website atau media promosi pesaing Anda

Menandai situs atau blog yang dimiliki oleh pesaing bisnis tak jadi masalah. Ini akan membantu kita untuk terus update mengenai informasi terbaru seputar bisnis yang sedang di jalankan oleh kompetitor bisnis kita. Akan tetapi, berhati-hatilah, jangan sampai kita menjadi plagiator dari bisnis mereka. Sebab, hal ini nantinya akan berkaitan dengan kredibilitas kita dalam menjalankan bisnis.

3. Follow sosial media kompetitor

Tak ada salahnya kita bersilaturahmi melalui sosial media dengan kompetitor kita. Saling sapa menyapa di sosial media sangatlah baik. Ini saya pelajari selama saya menjalankan bisnis saya. Membangun hubungan baik dengan kompetitor justru akan membantu kita saling menghargai antara pebisnis. Jangan sentimentil dengan kompetitor karena hal tersebut hanya akan menurunkan percaya diri kita dengan bisnis yang kita jalankan.

4. Bangun forum bisnis

Membangun forum sangatlah membantu kita dalam menjalankan suatu bisnis, karena dengan forum, kita akan lebih tahu info terbaru apa yang sedang bergerak di pasaran saat ini. Kita akan tahu tentang strategi marketing unik dan bagaimana solusi-solusi terbaik saat pasar itu jenuh. Membangun forum tentunya harus berkaitan dengan bisnis yang kita jalankan. Jangan sampai, forum yang kita buat, tidak berkaitan dengan bisnis yang kita jalankan.

5. Apa yang ada di pasar adalah solusi

Mendapatkan solusi mengenai pergerakan pasar sangatlah gampang, melihat dengan rinci tentang apa saja yang sedang konsumen potensial bicarakan adalah jurus jitu yang sebaiknya dilakukan. Banyak pelaku bisnis kewalahan ketika ingin melauncing produk, mereka kewalahan atau kurang yakin dengan produk tersebut yang mengakibatkan slow moving dari produk yang sudah dibuat tersebut. Lakukan wawancara atau mengirim ke email konsumen potensial agar bisa membantu kita mengetahui tentang apa saja yang sedang bergerak dipasaran saat ini.

Demikian tips dan trick. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

mobjo souvenir - https://bisnisukm.com/cara-mengetahui-pergerakan-pesaing-bisnis.html

0 Response to "5 Trick Mengetahui Pergerakan Pesaing Bisnis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel