3 Trik Toko Online Milik Sendiri Laris

3 Trik toko online milik sendiri laris

Tertarik vs  membeli adalah 2 keputusan otak yang berbeda yang hasil akhirnya di tentukan otak sensorik Cortex Cerebri.  Konsumen perlu memahami setiap informasi yang tersedia. Mencermati setiap fitur produk. Membandingkan harga dengan produk pesaing, ditempat lain. Mengevaluasi kelebihan dan kekurangan masing-masing produk & penjual
Saat orang mengambil keputusan untuk membeli sesuatu maka akan berbeda. Karena taruhannya lebih tinggi, yaitu berpisah dengan uang yang telah susah payah mereka kumpulkan. Maka membeli menjelma pekerjaan yang sangat menguras mental, melemahkan stamina dan menurunkan konsentrasi.


Berikut 3 Trik Toko Online Milik Sendiri Yang Bikin Laris. Silahkan Saudara untuk mempraktekkan trik ini :

Trik #1 Kategori produk pada bar navigasi

Aplikasi bar navigasi sudah di gunakan Supermarket. Supermarket sebenarnya telah lama mempraktekkan trik ini.

Jika Saudara perhatikan maupun tidak, mereka sengaja mengelompokkan produk yang sama kedalam satu zona, kemudian melengkapi dengan papan petunjuk (navigasi), sehingga pengunjung tidak kebingungan menentukan arah kaki melangkah.
Penggunaan Bar navigasi pada Online shop Saudara pun tidak berbeda.
Menampilkan kategori produk yang luas, kelompokkan produk Saudara ke dalam maksimal 6 kategori utama, baru kemudian (jika Saudara menggunakan menu drop down pada bar navigasi) memecahnya kedalam sub-kategori.

Misalnya Saudara menjual segala jenis produk fashion dari ujung kaki sampai kepala. Maka untuk produk sepatu, Saudara tidak perlu menampilkan Heels, wedges, boots, flats & sandal, pada bar navigasi utama. Sebagai gantinya, kelompokkan mereka kedalam satu kategori; Shoes.

Trik #2. Produk terpopuler & terbaru pada homepage
Lebih baik saudra menampilkan produk-produk terbaru dan terlaris mereka di homepage. Jika Saudara belum, lakukanlah sekarang karena trik ini telah menjadi standar industri e-commerce ternama dan terbesar.
Ingat sesuatu menjadi standar karena telah terbukti efektifitasnya 

Mengapa ?
Pertama, kata’Baru/Terbaru ’ termasuk salah satu kata paling menarik perhatian otak
Otak kita tertarik pada kebaruan, dari segala hal.

Kedua, kata ‘Laris/Populer’ adalah social proof atau membuktikan kepada calon pembeli bahwa banyak orang sebelum mereka yang telah membeli produk tersebut

Disatu sisi, manusia punya kecenderungan untuk menjadi bagian dari segala hal yang berbau populer. Sedangkan disisi lain, juga ampuh menghalau keraguan mereka. Jika banyak orang telah membeli, tentu produk ini benar-benar baik dan memuaskan.
Lalu bagaimana jika dalam satu waktu Saudara meluncurkan sekaligus 10 model terbaru.
Atau statistik penjualan Saudara menunjukkan lebih dari 10 model yang sangat laris..
Efek kebaruan dan kepopuleran menjadi tidak efektif lagi mendorong pembelian, jika Saudara tergoda memamerkan semuanya.
Jadi sebaiknya menghindari godaan itu, lihatlah seperti yang dilakukan Amazon.
Tidak bisa dipungkiri, sebagai toko online nomor satu dunia Amazon punya ratusan produk terlaris. Tapi apa yang ditemukan !, mereka hanya menampilkan 5 item saja, seperti terlihat pada screenshot dibawah :
3 Trik toko online milik sendiri laris
cara berjualan online Amazon

Modcloth juga mengikuti praktek yang sama saat merilis produk terbaru mereka.
Tips jualan online shop ModclothDan Modcloth kembali melakukan hal yang sama pada area produk terlaris mereka.
3 Trik toko online milik sendiri laris

Disini Modcloth sedikit berinovasi dengan mengatur produk dalam format 2 susun, sehingga terkesan lebih sedikit.
Tak terkecuali Tokodi tanah air kita pun melakukan hal itu 
3 Trik toko online milik sendiri laris
Toko Pedia


Trik #3. Related / recommended / product pada halaman produk
Up-sell atau cross-sell di halaman produk adalah cara menjual favorit banyak pemilik online shop yang ingin jualan mereka cepat laku. Biasanya dengan menawarkan produk sama tapi memiliki fitur lebih banyak, produk pengganti atau accessories pelengkap.

Praktek ini menggoda mereka untuk menampilkan beragam pilihan kepada pelanggannya.
Namun merekomendasikan terlalu banyak pilihan dapat menjadi boomerang dan
Konsumen tidak hanya mengabaikan penawaran Saudara (akibat kelumpuhan analisis), tapi juga cenderung membatalkan pembelian barang yang telah mereka masukkan kedalam keranjang. Jadi berhati-hatilah.

Sekali lagi, menawarkan 4 – 6 produk di area ini dipraktekkan oleh ecommerce top dunia.
Seperti yang ditunjukkan Zappos di halaman produknya. Tips laris berjualan online seperti Zappos
 
3 Trik toko online milik sendiri laris
Zappos 
3 Trik toko online milik sendiri laris

Cara upsell dengan Recomended juga di lakukan online shop seperti Nordstrom


Lebih sedikit pilihan, lebih banyak penjualan
Merampingkan jumlah produk yang Saudara tawarkan adalah pekerjaan mudah. Lebih kepada soal kemauan daripada soal teknis.

Perubahan kecil, cenderung sepele, tapi dampaknya besar sehingga tidak ada alasan Saudara menundanya lagi.

Contoh riset yang dilakukan pada dunia ofline

Pada tahun 2000 silam, Professor Sheena Iyengar dari Columbia University melakukan percobaan menjual selai.
Professor Sheena membuka stand penjualan selai di sebuah supermarket selama 2 hari sabtu berturut-turut.
Pada hari sabtu pertama, dia memajang 24 rasa selai.
Hari sabtu berikutnya dia hanya memajang 6 rasa selai.
Selama 2 hari itu dia mempersilahkan setiap pengunjung supermarket singgah mencicipi rasa selai, gratis.
Sekarang Anda bertanya, mana yang menghasilkan lebih banyak penjualan ?
Pada hari sabtu pertama, sebanyak 60 % pengunjung tertarik singgah mencicipi, dan 3 % dari mereka membeli selai.
Pada hari sabtu kedua, hanya 40 % pengunjung yang tertarik singgah mencicipi, TAPI 30 % dari mereka membeli minimal 1 rasa selai.
Hanya dengan mengurangi pilihan dari 24 rasa ke 6 rasa, penjualan selai melambung hingga 600 %.
Sekian 3 Trik Toko Online Milik Sendiri Yang Bikin Pasti Laris . semoga bermanfaat bagi saudara. Sebaiknya saudara amati gerak gerik setiap Toko Online terbesar untuk menunjang ilmu / toko online saudara dan hindari kebingunan pembeli . 

Salam Blog MASYIS satu-satunya portal  di kebumen penuh Inspirasi dan trik.
Ditulis 3 jam

Sumber pendukung
Rudianto-toko online/ writepreneurs.com

0 Response to " 3 Trik Toko Online Milik Sendiri Laris"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel