3 Kriteria Foto Yang Menjual dan Bikin Laris
Riset MDG Advertising
menemukan, 67 % konsumen mengatakan FOTO ‘Sangat Penting’ ketika memilih produk
di toko online. mengapa foto produk sedemikian penting ? Bagian dari otak
manusia yang bertugas mengambil keputusan – termasuk keputusan membeli atau
tidak – disebut otak tua (Reptilian Brain). Kelemehan otak tua ini sama
sekali.tidak mengenal kata-kata hanya bahasa visual satu-satunya dimengerti
otak tua. Karena itu, visualisasi produk satu-satunya cara mempengaruhi bagian
otak maha kuasa ini.
Sebagai dropshipper, Saudara
tidak kuasa mengontrol kualitas foto produk dan disinilah masalah 99 %
dropshipper ataupun penjual toko online langsung. Jika saudara hanya seorang
dropshipper berarti Saudara tergantung sepenuhnya pada foto yang tersedia di
website supplier.
Jika supplier menyediakan
foto jelek, maka bisnis dropshipping Saudara mungkin tidak sempat merayakan
kesuksesan ulang tahun pertamanya.
Hari ini konsumen dengan
mudah membandingkan toko online hanya dalam satu klik. Jadi tak ada pilihan
tersisa, kecuali mensejajarkan kualitas foro produk Saudara dengan seluruh
online shop yang ada Atau bahkan foto produk di toko online Saudara akan
terlihat seperti pecundang dihadapan foto berkualitas tinggi yang dimiliki toko
pedia, Lazada, buka lapak atau start up bakar duwit lainnya.
Dengan kata lain, kemauan
supplier menyediakan foto produk berkualitas menentukan Saudara bertahan atau
tersingkir dari pasar e-commerce.
Sukses tidaknya bisnis
dropshipping Saudara tergantung pada kualitas foto produk yang disediakan
supplier.
Adapun 3 kriteria foto yang
memicu orang membeli dan saudara butuhkan adalah sebagai berikut
1. Latar belakang satu warna
Sebagain besar orang memilih
warna putih
Selain putih, warna abu-abu
& hitam bisa jadi alternatif, selama Saudara konsisten. Artinya sekali
Saudara memilih satu warna latar belakang, gunakan warna yang sama pada seluruh
foto produk Saudara.
Jangan biarkan kehadiran
satu atau lebih warna atau unsur lain menyita perhatian pengunjung dari produk
itu sendiri yang menyebabkan gagal fokus.
2. Jelas & besar
Banyak pengunjung melihat
foto produk pertama kali pada homepage, atau halaman kategori sebelum lanjut ke
halaman produk.
Dengan toto beresolusi
tinggi, produk Saudara akan terlihat jelas meski dalam ukuran thumbnail (90 x
90px atau 150 x 150px).
Sedangkan di halaman produk,
resolusi tinggi mampu menampilkan setiap detil produk Saudara – misalnya
tekstur permukaan -. Efek ini menambah kesan ‘nyata’ produk Saudara dibenak
konsumen.
Hindari menggunakan foto
thumbnail dari halaman kategori pada halaman produk Saudara – Sayang sekali,
masih banyak toko online melanggar aturan ini.
Besar ukuran tergantung pada
platform toko online yang Saudara gunakan. Namun ukuran stSaudarar foto di
halaman produk berkisar antara 640 X 640px sampai 800 X 800px.
contoh foto produk
dropshipping 2
Nilai sendiri |
Ingat : Foto kabur dan
berukuran kecil mengundang kecurigaan konsumen. Dan konsumen yang curiga tidak
membeli.
3. Objek tunggal
Produk Saudara mestilah
satu-satunya tokoh utama dalam sebuah foto.
Sedapat mungkin konsumen
hanya boleh melihat produk Saudara. Jika Saudara menampilkan objek lain (lihat
screenshot 1), berarti Saudara sengaja mengalihkan perhatian pengunjung dari
objek utama. Produk Saudara. Selain itu, hindari menggunakan foto produk yang
direkam dari berbagai sudut, lalu dijejalkan dalam satu bingkai, seharusnya di
buat Preview di dekat produk saja , ketika orang mau melihat detail
keseluruhan.
Tidak Baik |
4. Jika Perlu Ambil gambar 3
D dan Klik Zoom bahkan ada yang Gif dan Video
Kebanyakan orang lebih
tertarik pada visual 3 D dari pada 2 D. E-commerce di tanah air semua
menggunkan fitur ini bahkan mereka menyediakan tempat untuk foto 3 D tersebut.
Jika memang perlu menggunakan 3 D dan Klik Zomm seperti pengambilan foto sepatu
baju, hanphone,elektronik dkk sebaiknya lakukan sekarang.
contoh Video /Gift di Amazon
Tentu saja masih ada
kriteria lain untuk menilai kualitas foto produk. Tapi jika supplier Saudara
mau memenuhi 3 kriteria diatas, maka angka penjualan Saudara saat ini punya
potensi melejit.
Bagaimana jika foto supplier
saat ini tidak memenuhi kriteria ?
Berhenti menunggu sampai
supplier Saudara menyadari sendiri hal ini.
Sebaiknya Saudara proaktif,
karena setiap hari yang berlalu adalah hari dimana Saudara menyia-nyiakan
traffic toko online Saudara.
Sekian 3 kriteria foto yang
memicu orang membeli. Kamu yang terbaik dan lebih bisa. Salam Blog Lokal MASYIS Blog Isi daging semua :)
Ditulis 3 jam hari ini
Sumber pendukung :
Rudianto – bisnisdropshipping: writepreneurs.com
0 Response to "3 Kriteria Foto Yang Menjual dan Bikin Laris"
Posting Komentar