Mudah, Inilah Cara Menentukan Nama Merk Produk Usaha Yang Benar


Memberi Merk untuk nama usaha termasuk penting yang nantinya akan di gunakan menjadi nama “brand” di masa mendatang. Memilih nama usaha sebaiknya di lakukan dengan tahapan yang benar. Jika target usaha yang akan di geluti di masa mendatang akan menjadi besar, sebaiknya saudara menyimak bacaan ini sampai selsai. Disini ada beberapa tips yang menarik yang nantinya akan digunakan untuk menentukan nama merk dagang saudara.


Adapun tahapan dalam pemilihan nama usaha sebagai berikut (klik menuju judul):

A. Memilih Daftar Nama Merk

B. Memilih Daftar Nama

C. Merk Mengurus Merk Dagang



A. Memilih Daftar Nama Merk

1 Tentukan kekhasan usaha Saudara.
Sebelum Saudara membuat nama usaha, pastikan Saudara mengenal dengan jelas pasar yang menjadi target sasaran. Tentukan target Saudara dalam rencana dan visi-misi usaha Saudara. Sebuah perusahaan perangkat lunak akan menekankan kemudahan penggunaannya  misalnya, Apple,Oppo.

2 Katakan sesuatu kepada target pasar usaha saudara.
Saudara harus mengenal pelanggan potensial Saudara seperti apa dan apa yang mereka cari ketika mereka datang ke tempat usaha. Jika pelanggan potensial mampu atau kaya, sebaiknya nama usaha juga berhubungan dengan selera mereka yang tingkat tinggi. Jika target pasar Saudara ibu-ibu pekerja yang tidak punya waktu untuk beres-beres rumah, Saudara ingin nama yang mencerminkan kesibukan mereka, harapan mereka untuk kebersihan dan keteraturan.

3 Buat daftar kata yang mencerminkan sifat-sifat yang ingin Saudara pasarkan.
Dalam satu kolom, daftarkan sifat yang ingin disampaikan kepada pelanggan. Usaha ini "tentang" apa?. Di kolom satunya, tuliskan hal-hal yang mungkin dicari pelanggan.Lebih baik gunakan kata benda, kata sifat, dan kata kerja.

* Masukkan setiap kemungkinan kata yang tepat guna terhadap usaha. Misalnya kata "kari" terdengar enak untuk sebuah restoran India.

* Lihat kamus untuk definisi kata yang Saudara pilih. Dan gunakan perangkat lunak yang membantu Saudara berpikir.

4 Coba nama satu kata yang sederhana.
Restoran mewah dan kekinian biasanya akan memilih nama yang pendek dan kuat, dengan menekankan pada kesederhanaan dan kualitas, misalnya "Sembel layah" atau "Malindo resto" dan "Pempek Pak Paijo" mencerminkan sentuhan personalnya.

5 Cari ide dengan frasa kata benda-kata sifat yang sederhana.
Misalnya, "Bakso enak" atau "Mie Pedas" terasa menggugah dan kuat. Bentukan satu kata benda dan satu keterangan ini mudah dibuat dan dapat dibayangkan orang dengan tepat.

* Jika Saudara menggunakan Bahasa Inggris, Saudara bisa mencoba menggunakan struktur frasa gerund. Gerund adalah kata yang berakhiran "-ing". Gerund bisa membuat nama usaha Saudara terdengar lebih aktif, asyik, seperti sebuah tempat dengan suasana yang menyenangkan. "/Laughing Planet/" adalah sebuah restoran  waralaba yang menjual burrito.

6  Gunakan nama orang.
Menambahkan nama orang ke dalam nama usaha Saudara akan membuat nama itu terasa pribadi, bahkan jika nama yang Saudara gunakan bukan nama orang yang benar-benar ada. Misalnya, McDonald's tidak dibangun oleh seseorang bernama "McDonald"; sementara itu, "Ayam Bakar Bang Roni" memang benar-benar dimiliki orang bernama Bang Roni. “Kedai Alam” menggabarkan personal dan nuansa alami.

7 Buatlah kata baru.
Sebuah kata lakuran adalah satu kata yang dibentuk oleh dua kata, misalnya "Microsoft", "RedBox", atau     "Coffeewar". Usaha Saudara akan terdengar eksperimental, segar, dan kontemporer. Intinya, Saudara akan menciptakan suatu kata baru. Hal ini juga masuk akal ketika Saudara memulai suatu usaha baru.

8 Bermainlah dengan kata.
Beberapa wahana sastra yang bermain dengan suara dapat membuat nama usaha Saudara mudah diingat orang:

* Mengulang suara bagian awal suatu kata, atau disebut juga aliterasi. Ini terasa enak lewat suara dan pembacaan. Misalnya,  "Kopi Klop", "Papyrus Press", atau "Suara Senja Sound System". Asonansi juga mirip dengan aliterasi, tetapi kali ini Saudara menggunakan ritme pada huruf vokal -- misalnya, "Sushi Blupi".

* Ritme, baik yang persis maupun yang tidak persis, bisa membuat nama usaha Saudara mudah diingat. "Burger Blenger" adalah salah satu contoh restoran burger yang namanya menggunakan ritme.

* Bermain-main dengan perkataan yang umum digunakan adalah cara lain untuk mendapatkan nama yang mudah diingat. Merek kerupuk  "Kerupuk Baper" atau nama aplikasi ojek populer "Go-Jek" menggunakan cara ini. Selalu ada risiko Saudara membuat nama yang klise atau dangkal, tetapi cobalah dahulu untuk mendapatkan sebanyak mungkin nama yang bisa Saudara gunakan. Toh Saudara tidak harus memakainya jika pada akhirnya tidak suka.

* Mengacu pada sesuatu dalam sejarah, karya sastra, atau mitos juga ide yang bagus. Misalnya, "Starbucks" dinamakan dari  karakter di dalam novel.

B. Menilai Daftar Merk

1 Cari nama pendek yang mudah dieja dan dibaca.
Nama pendek lebih gampang diingat daripada nama panjang. Perusahaan minyak Texas Oil Company memendekkan namanya menjadi Texaco.

* Jika Saudara menggunakan kata yang Saudara buat sendiri atau ejaan  yang kreatif, pastikan kata yang Saudara gunakan masuk akal untuk bidang usaha Saudara. Misalnya, "U-Haul" dan "Flickr". Nama-nama   itu memang menggunakan pemendekan, tetapi jadi cocok karena benar-benar mencerminkan usaha yang mereka representasikan dan bukan karena permainan kata.

2 Usahakan tetap universal.
Mungkin Saudara menganggap menamakan bisnis konstruksi Saudara "Daedalus Utama" itu ide yang bagus, karena Saudara baru saja belajar mitologi Yunani, tetapi memilih nama seperti itu tetap berisiko membuat pelanggan Saudara merasa asing.

* Di titik ini, Saudara harus ingat terhadap pelanggan potensial Saudara. Sebuah toko komik bernama "Jim Gordon" akan menarik para  penyuka Batman, tetapi di sisi lain akan mengasingkan mereka yang bacaannya standar meskipun tentunya, orang-orang yang bacaannya standar biasanya tidak belanja di toko komik.
Anggaplah ini sebuah kompromi. Boleh-boleh saja restoran mewah di lokasi mahal tengah kota dinamakan dengan Bahasa Prancis, tetapi mungkin akan kurang cocok jika Saudara menggunakan nama mewah.

*Hindari penggunaan bahasa yang klise atau mirip.
Kata sifat sering kali bertabrakan dengan kata benda dan membuatnya jadi nama usaha yang benar-benar jelek, seperti QualiTrade atau IndoBank. Nama-nama seperti ini tidak berkepribadian dan usaha Saudara takkan tampak jelas di tengah pasar yang penuh dengan nama yang mirip.

* Jika nama usaha Saudara ada kata-kata seperti Indo, Buana, Citra, Karya, Tech, Tron, atau Corp terutama sebagai imbuhan atau komponen gabungan, lebih baik Saudara pikirkan ulang dan ganti dengan nama yang lebih jarang dipakai.           

4 Pilih nama yang bisa dipakai di mana saja.
Nama-nama yang khusus di daerah tertentu bisa mengunci usaha Saudara di satu tempat, dan Saudara akan perlu mengganti nama jika usaha Saudara berkembang melewati tempat itu. "TB. Kebumen Jaya", misalnya, hanya akan berguna di kebumen 

Saudara tidak tahu apakah bisnis Saudara suatu saat akan menjadi lebih besar dari Kebumen dan menjadi rantai waralaba toko bangunan yang bisa didirikan di mana saja, misalnya di Jakarta atau Bali. Ingat,  "Kentucky Fried Chicken" mengganti namanya jadi "KFC" karena alasan ini.

5 Pilih nama yang paling tepat.
Orang-orang akan memanggil ” brand” nama merk  yang sudah terkernal. Sutau hari namanya menempel, dan mereka selamanya akan disebut. Ingat jangan sampai hanya karena namanya kurang menarik! Pada  akhirnya menyepelekan kualitas, yang terpenting adalah produk atau jasa yang Saudara berikan. Nama hanya menjadi bungkusan. Kalau orang-orang sudah menjuluki usaha Saudara dengan nama yang bagus, jangan diubah.

* Di sisi lain sadarilah ketika nama yang Saudara pilih kurang bagus dan ubahlah. Bahkan jika Saudara sudah memesan stiker, pilihlah nama yang disukai orang.

C. Mengurus Merk Dagang

1 Pastikan tidak ada orang di bidang yang sudah membuat merek dagang dengan nama.
Setelah Saudara punya daftar nama-nama yang disukai, pertama-tama pastikan belum ada orang yang menggunakan nama-nama itu sebagai merek dagang mereka.

* Gunakan situs ASEAN TMview untuk melihat apakah nama yang hendak digunakan sudah menjadi merek dagang di negara-negara ASEAN, khususnya Indonesia.  Saudara bisa mencari dan mengecek status kedaluwarsa merek dagang di situs itu.

2 Siapkan dokumen yang Saudara perlukan.
Saudara akan mendaftar lebih dari sebuah nama, tetapi juga seluruh konsep dan model bisnis Saudara. Saudara akan harus menyediakan gambaran yang jelas atas apa yang hendak didaftarkan

Jika Saudara ingin kata, slogan, desain, atau kombinasi dari semua ini didaftarkan sebagai merek dagang, Saudara harus bisa menyediakan "dasar" kenapa Saudara ingin mendaftarkannya sebagai merek dagang atau jasa. Intinya, Saudara harus menyediakan alasan yang jelas kenapa Saudara membutuhkan merek dagang.

3 Daftarkan merek dagang Saudara.
Saudara bisa mendaftarkan merek dagang  di kantor Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Ada baiknya Saudara menyempatkan diri untuk berkonsultasi dengan seorang konsultan atau pengacara agar yakin semuanya sudah siap.          
Tips

* Ketika Saudara memilih nama usaha, pilihlah yang Saudara sukai. Jika namanya tidak terdengar menyenangkan untuk Saudara sendiri, Saudara pun akan malas menjual dan mempromosikannya kepada orang lain.

 * Saudara mungkin masih bisa menggunakan nama usaha yang sudah digunakan orang lain, jika nama yang Saudara gunakan berada di bidang lain atau  pada lokasi geografis yang berbeda dengan usaha milik orang lain itu. Konsultasikan dengan pengacara Saudara sebelum lanjut dengan nama yang legalitasnya Saudara pertanyakan.

Sekian semoga Tahapan Menentukan Nama Merk Usaha yang benar. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi saudara. Salam Blog lokal MASYIS 

0 Response to "Mudah, Inilah Cara Menentukan Nama Merk Produk Usaha Yang Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel