Mudah, Inilah Cara Menentukan Nama Merk Produk Usaha Yang Benar
Memberi Merk untuk nama usaha termasuk penting yang nantinya akan di gunakan menjadi nama “brand” di masa mendatang. Memilih nama usaha sebaiknya di lakukan dengan tahapan yang benar. Jika target usaha yang akan di geluti di masa mendatang akan menjadi besar, sebaiknya saudara menyimak bacaan ini sampai selsai. Disini ada beberapa tips yang menarik yang nantinya akan digunakan untuk menentukan nama merk dagang saudara.
Adapun tahapan dalam pemilihan
nama usaha sebagai berikut (klik menuju judul):
B. Memilih Daftar Nama
C. Merk Mengurus Merk Dagang
A. Memilih Daftar Nama Merk
1 Tentukan kekhasan usaha Saudara.
Sebelum Saudara membuat nama
usaha, pastikan Saudara mengenal dengan jelas pasar yang menjadi target sasaran.
Tentukan target Saudara dalam rencana dan visi-misi usaha Saudara. Sebuah perusahaan
perangkat lunak akan menekankan kemudahan penggunaannya misalnya, Apple,Oppo.
2 Katakan sesuatu kepada
target pasar usaha saudara.
Saudara harus mengenal
pelanggan potensial Saudara seperti apa dan apa yang mereka cari ketika mereka
datang ke tempat usaha. Jika pelanggan potensial mampu atau kaya, sebaiknya
nama usaha juga berhubungan dengan selera mereka yang tingkat tinggi. Jika
target pasar Saudara ibu-ibu pekerja yang tidak punya waktu untuk beres-beres
rumah, Saudara ingin nama yang mencerminkan kesibukan mereka, harapan mereka
untuk kebersihan dan keteraturan.
3 Buat daftar kata yang
mencerminkan sifat-sifat yang ingin Saudara pasarkan.
Dalam satu kolom, daftarkan sifat yang ingin
disampaikan kepada pelanggan. Usaha ini "tentang" apa?. Di kolom satunya,
tuliskan hal-hal yang mungkin dicari pelanggan.Lebih baik gunakan kata benda,
kata sifat, dan kata kerja.
* Masukkan setiap
kemungkinan kata yang tepat guna terhadap usaha. Misalnya kata "kari"
terdengar enak untuk sebuah restoran India.
* Lihat kamus untuk definisi
kata yang Saudara pilih. Dan gunakan perangkat lunak yang membantu Saudara
berpikir.
4 Coba nama satu kata yang
sederhana.
Restoran mewah dan kekinian biasanya
akan memilih nama yang pendek dan kuat, dengan menekankan pada kesederhanaan
dan kualitas, misalnya "Sembel layah" atau "Malindo resto"
dan "Pempek Pak Paijo" mencerminkan sentuhan personalnya.
5 Cari ide dengan frasa kata
benda-kata sifat yang sederhana.
Misalnya, "Bakso enak"
atau "Mie Pedas" terasa menggugah dan kuat. Bentukan satu kata benda
dan satu keterangan ini mudah dibuat dan dapat dibayangkan orang dengan tepat.
* Jika Saudara menggunakan
Bahasa Inggris, Saudara bisa mencoba menggunakan struktur frasa gerund. Gerund
adalah kata yang berakhiran "-ing". Gerund bisa membuat nama usaha Saudara
terdengar lebih aktif, asyik, seperti sebuah tempat dengan suasana yang menyenangkan.
"/Laughing Planet/" adalah sebuah restoran waralaba yang menjual burrito.
6 Gunakan nama orang.
Menambahkan nama orang ke dalam nama usaha Saudara
akan membuat nama itu terasa pribadi, bahkan jika nama yang Saudara gunakan
bukan nama orang yang benar-benar ada. Misalnya, McDonald's tidak dibangun oleh
seseorang bernama "McDonald"; sementara itu, "Ayam Bakar Bang Roni"
memang benar-benar dimiliki orang bernama Bang Roni. “Kedai Alam” menggabarkan
personal dan nuansa alami.
7 Buatlah kata baru.
Sebuah kata lakuran adalah
satu kata yang dibentuk oleh dua kata, misalnya "Microsoft",
"RedBox", atau "Coffeewar". Usaha Saudara akan
terdengar eksperimental, segar, dan kontemporer. Intinya, Saudara akan
menciptakan suatu kata baru. Hal ini juga masuk akal ketika Saudara memulai
suatu usaha baru.
8 Bermainlah dengan kata.
Beberapa wahana sastra yang bermain dengan suara
dapat membuat nama usaha Saudara mudah diingat orang:
* Mengulang suara bagian
awal suatu kata, atau disebut juga aliterasi. Ini terasa enak lewat suara dan
pembacaan. Misalnya, "Kopi Klop",
"Papyrus Press", atau "Suara Senja Sound System". Asonansi
juga mirip dengan aliterasi, tetapi kali ini Saudara menggunakan ritme pada
huruf vokal -- misalnya, "Sushi Blupi".
* Ritme, baik yang persis
maupun yang tidak persis, bisa membuat nama usaha Saudara mudah diingat.
"Burger Blenger" adalah salah satu contoh restoran burger yang
namanya menggunakan ritme.
* Bermain-main dengan
perkataan yang umum digunakan adalah cara lain untuk mendapatkan nama yang
mudah diingat. Merek kerupuk "Kerupuk Baper" atau nama aplikasi
ojek populer "Go-Jek" menggunakan cara ini. Selalu ada risiko Saudara
membuat nama yang klise atau dangkal, tetapi cobalah dahulu untuk mendapatkan sebanyak
mungkin nama yang bisa Saudara gunakan. Toh Saudara tidak harus memakainya jika
pada akhirnya tidak suka.
* Mengacu pada sesuatu dalam
sejarah, karya sastra, atau mitos juga ide yang bagus. Misalnya,
"Starbucks" dinamakan dari karakter
di dalam novel.
1 Cari nama pendek yang
mudah dieja dan dibaca.
Nama pendek lebih gampang
diingat daripada nama panjang. Perusahaan minyak Texas Oil Company memendekkan
namanya menjadi Texaco.
* Jika Saudara menggunakan
kata yang Saudara buat sendiri atau ejaan
yang kreatif, pastikan kata yang Saudara gunakan masuk akal untuk bidang
usaha Saudara. Misalnya, "U-Haul" dan "Flickr". Nama-nama itu memang menggunakan pemendekan, tetapi
jadi cocok karena benar-benar mencerminkan usaha yang mereka representasikan
dan bukan karena permainan kata.
2 Usahakan tetap universal.
Mungkin Saudara menganggap menamakan bisnis konstruksi
Saudara "Daedalus Utama" itu ide yang bagus, karena Saudara baru saja
belajar mitologi Yunani, tetapi memilih nama seperti itu tetap berisiko membuat
pelanggan Saudara merasa asing.
* Di titik ini, Saudara
harus ingat terhadap pelanggan potensial Saudara. Sebuah toko komik bernama
"Jim Gordon" akan menarik para penyuka Batman, tetapi di sisi lain akan
mengasingkan mereka yang bacaannya standar meskipun tentunya, orang-orang yang bacaannya
standar biasanya tidak belanja di toko komik.
Anggaplah ini sebuah
kompromi. Boleh-boleh saja restoran mewah di lokasi mahal tengah kota dinamakan
dengan Bahasa Prancis, tetapi mungkin akan kurang cocok jika Saudara
menggunakan nama mewah.
*Hindari penggunaan bahasa
yang klise atau mirip.
Kata sifat sering kali bertabrakan
dengan kata benda dan membuatnya jadi nama usaha yang benar-benar jelek, seperti
QualiTrade atau IndoBank. Nama-nama seperti ini tidak berkepribadian dan usaha Saudara
takkan tampak jelas di tengah pasar yang penuh dengan nama yang mirip.
* Jika nama usaha Saudara
ada kata-kata seperti Indo, Buana, Citra, Karya, Tech, Tron, atau Corp terutama
sebagai imbuhan atau komponen gabungan, lebih baik Saudara pikirkan ulang dan
ganti dengan nama yang lebih jarang dipakai.
4 Pilih nama yang bisa dipakai di mana saja.
Nama-nama yang khusus di
daerah tertentu bisa mengunci usaha Saudara di satu tempat, dan Saudara akan
perlu mengganti nama jika usaha Saudara berkembang melewati tempat itu.
"TB. Kebumen Jaya", misalnya, hanya akan berguna di kebumen
Saudara tidak tahu apakah bisnis Saudara suatu
saat akan menjadi lebih besar dari Kebumen dan menjadi rantai waralaba toko
bangunan yang bisa didirikan di mana saja, misalnya di Jakarta atau Bali.
Ingat, "Kentucky Fried
Chicken" mengganti namanya jadi "KFC" karena alasan ini.
5 Pilih nama yang paling
tepat.
Orang-orang akan memanggil ”
brand” nama merk yang sudah terkernal. Sutau
hari namanya menempel, dan mereka selamanya akan disebut. Ingat jangan sampai
hanya karena namanya kurang menarik! Pada
akhirnya menyepelekan kualitas, yang terpenting adalah produk atau jasa
yang Saudara berikan. Nama hanya menjadi bungkusan. Kalau orang-orang sudah
menjuluki usaha Saudara dengan nama yang bagus, jangan diubah.
* Di sisi lain sadarilah
ketika nama yang Saudara pilih kurang bagus dan ubahlah. Bahkan jika Saudara sudah
memesan stiker, pilihlah nama yang disukai orang.
C. Mengurus Merk Dagang
1 Pastikan tidak ada orang
di bidang yang sudah membuat merek dagang dengan nama.
Setelah Saudara punya daftar
nama-nama yang disukai, pertama-tama pastikan belum ada orang yang menggunakan
nama-nama itu sebagai merek dagang mereka.
* Gunakan situs ASEAN TMview
untuk melihat apakah nama yang hendak digunakan sudah menjadi merek dagang di
negara-negara ASEAN, khususnya Indonesia. Saudara bisa mencari dan mengecek status
kedaluwarsa merek dagang di situs itu.
2 Siapkan dokumen yang Saudara
perlukan.
Saudara akan mendaftar lebih
dari sebuah nama, tetapi juga seluruh konsep dan model bisnis Saudara. Saudara akan
harus menyediakan gambaran yang jelas atas apa yang hendak didaftarkan
Jika Saudara ingin kata, slogan, desain, atau
kombinasi dari semua ini didaftarkan sebagai merek dagang, Saudara harus bisa menyediakan
"dasar" kenapa Saudara ingin mendaftarkannya sebagai merek dagang
atau jasa. Intinya, Saudara harus menyediakan alasan yang jelas kenapa Saudara
membutuhkan merek dagang.
3 Daftarkan merek dagang Saudara.
Saudara bisa mendaftarkan merek dagang di kantor Dirjen Hak Kekayaan Intelektual
(HAKI). Ada baiknya Saudara menyempatkan diri untuk berkonsultasi dengan
seorang konsultan atau pengacara agar yakin semuanya sudah siap.
Tips
* Ketika Saudara memilih
nama usaha, pilihlah yang Saudara sukai. Jika namanya tidak terdengar
menyenangkan untuk Saudara sendiri, Saudara pun akan malas menjual dan
mempromosikannya kepada orang lain.
* Saudara mungkin masih bisa menggunakan nama
usaha yang sudah digunakan orang lain, jika nama yang Saudara gunakan berada di
bidang lain atau pada lokasi geografis
yang berbeda dengan usaha milik orang lain itu. Konsultasikan dengan pengacara Saudara
sebelum lanjut dengan nama yang legalitasnya Saudara pertanyakan.
Sekian semoga Tahapan Menentukan
Nama Merk Usaha yang benar. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi saudara.
Salam Blog lokal MASYIS
0 Response to "Mudah, Inilah Cara Menentukan Nama Merk Produk Usaha Yang Benar"
Posting Komentar