Cara Ampuh Menikung Pesaing Toko Online
Hasil riset
menemukan bahwa 94 % konsumen online meluangkan waktunya untuk menemukan
informasi tentang harga. Seharusnya ketika Saudara menjual produk secara
online, maka Saudara wajib mencantumkan harga produk di website Saudara. Manusia
membeli karena alasan emosional, kemudian membenarkannya dengan alasan rasional,itu sebabnya, orang sering bersedia membayar sebuah barang yang bisa
diperolehnya secara gratis.
Adapun beberapa alasan konsumen akan mencari harga pesaing karena
:
1. Rasionalis Harga
2. Uang tidak cukup
3. Menghemat
4. Suka mikir-mikir / Pelit
5. Kebiasaan dan lain-lain.
Jika ditarik dari hasil Riset sebaiknya/seharusnya saudara menampilkan
harga produk pesaing di situs. Komitmenya apabila Saudara tidak melakukanya Saudara
berpotensi kehilangan pembeli.
Mengapa ?
Logis saja Membandingkan harga adalah perilaku khas konsumen online dan waktu merupakan sumber daya paling berharga bagi manusia. Begitu waktu berlalu, Saudara tidak bisa menariknya kembali. Itu sebabnya, jika kita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu dalam satu tempat.. kita akan bersyukur sekali entah itu karena kemudahan, kenyaman, kelancaran dan lain sebagainya. Tak terkecuali saat kita melakukan belanja online.
Logis saja Membandingkan harga adalah perilaku khas konsumen online dan waktu merupakan sumber daya paling berharga bagi manusia. Begitu waktu berlalu, Saudara tidak bisa menariknya kembali. Itu sebabnya, jika kita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu dalam satu tempat.. kita akan bersyukur sekali entah itu karena kemudahan, kenyaman, kelancaran dan lain sebagainya. Tak terkecuali saat kita melakukan belanja online.
Di Negara Maju
atau berkembang para praktisi pemasaran online telah lama mengetahuinya, salah
satu perilaku khas konsumen online adalah membandingkan harga antar produsen termasuk di Negara Indonesia ini. apa lagi
orang yang doyan 'ngenyang' sampai nego cincai
Coba
bayangkan bila konsumen harus membuang waktu mengunjungi situs penjual satu
demi satu untuk melihat harga produk masing-masing.
Tapi
bagaimana jika mereka bisa melihat, dan membandingkan harga semua produk
sejenis dari berbagai produsen pada satu tempat ? Mereka akan berterima kasih
kepada pemilik situs tersebut Pasti. Akhirnya ucapan terima kasih mereka lebih
sering daripada tidak salah satunya berwujud dalam tindakan pembelian.
Belum percaya juga, Ini hasil riset yang lain
Hasil riset e-tailingmembuktikannya :
Sebanyak 53%
dari konsumen tidak lagi merasa terdorong untuk melakukan perbandingan harga di
toko lain, jika penjualnya juga telah menampilkan harga toko pesaing mereka Sebanyak
78% pelanggan cenderung untuk kembali ke pengecer yang menunjukkan harga
pesaing di website mereka.
Hasil riset ini menyimpulkan bahwa pembeli memberikan respon positif kepada
penjual yang menunjukkan harga pesaing di situs mereka -Konsumen mendapat
informasi lengkap tanpa berpindah tempat….Dan setelah semua, itu menghemat
waktu mereka.
Ketika
konsumen senang, maka penjualan produk Saudara akan mengurus dirinya sendiri…
Tapi sayang
sekali, kebanyakan dari merek & perusahaan malah enggan menampilkan harga
pesaing di website mereka.
Kebanyakan alasan
mereka seperti ini .
Harga produk
pesaing saya lebih murah. Bukankah itu akan membuat konsumen lebih memilih
produk pesaing saya ?
Jawabannya, belum tentu.
Secara logis
Mengapa Saudara
harus menampilkan harga pesaing, terlebih jika harga produk Saudara lebih
tinggi ?
Jika Saudara
tidak menampilkan harga pesaing, apakah itu akan menghalangi konsumen untuk
mencari tahu ? "Jelas tidak".
Konsumen
tetap akan melakukan perbandingan harga. Sekali lagi, membandingkan harga
merupakan perilaku khas konsumen online. Mereka akan mengunjungi situs-situs
pesaing Saudara untuk mencari tahu harga yang mereka tawarkan.
Konsekuensi yang terjadi :
1. jika
seseorang meninggalkan situs Saudara, kecil kemungkinan dia akan kembali lagi.
2. konsumen akan membuat perbandingan sendiri dan hampir pasti, untuk produk yang
sama, mereka akan memilih produk dengan harga yang lebih murah.
Tapi jika Saudara
membandingkan harga pesaing VS harga produk Saudara di situs Saudara,
situasinya akan berbeda. Trik Yakinkan dengan menjelaskan
Ketika harga Saudara
lebih mahal, Saudara berkesempatan untuk menjelaskan mengapa harga Saudara
lebih mahal. Lansung di situs Saudara sendiri dan dengan memakai perspektif Saudara
sendiri.
Disitu Saudara
bisa memberikan rasionalisasi bahwasanya harga Saudara lebih mahal karena
konsumen mendapatkan nilai lebih dari produk Saudara.
Misalnya :
Produk Saudara
bebas biaya pengiriman.
Masa garansi Saudara lebih lama yaitu 1 tahun sedangkan pesaing 1/6 bulan
Layanan konsumen Saudara 24/7.
Dengan kata lain, Saudara tidak membiarkan konsumen mencari kesimpulan sendiri di situs lain mengapa harga Saudara lebih mahal.
Masa garansi Saudara lebih lama yaitu 1 tahun sedangkan pesaing 1/6 bulan
Layanan konsumen Saudara 24/7.
Dengan kata lain, Saudara tidak membiarkan konsumen mencari kesimpulan sendiri di situs lain mengapa harga Saudara lebih mahal.
Bahkan dengan
fokus menyoroti nilai dari produk Saudara, harga murah yang ditawarkan oleh
pesaing Saudara dapat terlihat lebih mahal
Orang membeli
nilai, bukan barang.
Jika Saudara
bergerak dalam pemasaran online, Saudara harus tahu ini :
Contoh produk air minum dalam kemasan Aquo atau air minum lokal
saudara
Jadi ketika harga produk Saudara lebih mahal, Saudara sebaiknya
fokus menonjolkan nilai dari produk Saudara sebelum mencantumkan harga.
Disini nilai produk
Saudara bertugas untuk menyentuh titik emosional konsumen. Setelah mereka
merasakan besarnya nilai produk Saudara, mereka cenderung akan
merasionalisasikan sendiri, mengapa mereka tetap membeli dari Saudara padahal
harganya lebih mahal.
Tips
1. Sebelum menentukan harga sebaiknya saudara browsing untuk
mengecek situs-situs pesaing. Periksa besaran harga mereka. Apa saja nilai yang mereka tawarkan kepada
pelanggan untuk harga sebesar itu / catat kekurangan dan kelebihan pesaing
saudara
2. Cantumkan harga produk Saudara versus harga pesaing Saudara dalam satu halaman Biarkan pelanggan membandingkannya lansung pada satu tempat.
Apakah harga Saudara lebih murah, sama, atau lebih mahal, yang harus Saudara lakukan adalah fokus menyoroti nilai dari produk Saudara
3. Gambarkan dengan jelas, bahwa konsumen yang membeli dari Saudara akan mendapatkan nilai dan manfaat lebih banyak dari harga yang mereka bayarkan.
2. Cantumkan harga produk Saudara versus harga pesaing Saudara dalam satu halaman Biarkan pelanggan membandingkannya lansung pada satu tempat.
Apakah harga Saudara lebih murah, sama, atau lebih mahal, yang harus Saudara lakukan adalah fokus menyoroti nilai dari produk Saudara
3. Gambarkan dengan jelas, bahwa konsumen yang membeli dari Saudara akan mendapatkan nilai dan manfaat lebih banyak dari harga yang mereka bayarkan.
Nah.... sekian, Pemasaran online Pentingnya Menampilkan Harga Pesaing. Semoga bermanfaat dan mudah di aplikasikan dalam pemasaran Online
Maupun Ofline. Sama saja jika ofline katakan/bisikan jika lebih mahal produk/jasa
saudara karena lebih berani bersaing dan lebih berkualitas. Salam Blog lokal
kebumen MASYIS blog inspiratif untuk generasi kawula muda dan kebaikan ekonomi kebumen.
ditulis 3 jam hari ini
Sumber pendukung
Sumber pendukung
IM Rusdianto, Pemasaran
Online
0 Response to "Cara Ampuh Menikung Pesaing Toko Online "
Posting Komentar