7 Cara Mudah Membangun Optimasi Facebook Marketing Organik (Gratisan)
Sudah menjadi rahasia umum, jika Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di
dunia. Dengan jumlah pengguna di Indonesia saja yang mencapai puluhan juta
pengguna, menjadikan facebook sebagai salah satu media marketing yang paling
efektif. Di sini akan di bahas 7 Formula Membangun Optimasi Facebook Marketing Organik Agar
meningkatkan penjualan anda.
Sebelumnya, Sebenarnya
ada dua cara untuk mengoptimalkan pemasaran kita di facebook:
1. Cara Gratis (disini)
2. Cara Berbayar (Facebook Ads, Tool, Beranyar. Jasa Marketer (orang).
Cara gratis dilakukan
oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan banyak fasilitas yang telah
disediakan facebook, mulai dari akun facebook profile, selain itu ada grup
facebook, fanpage, event, dan fitur pendukung lainnya. Cara berbayar adalah
dengan menggunakan fasilitas facebook ads yang disediakan oleh facebook untuk
memperluas bisnis online para pelaku bisnis online di facebook.
Baca Juga:
Facebook Ads, Manfaat dan strategi yang di Lakukan
Dicatatan ini, tidak akan membahas cara berbayar. Jadi hanya akan membahas cara yang gratis.
Dicatatan ini, tidak akan membahas cara berbayar. Jadi hanya akan membahas cara yang gratis.
Bagaimana Cara
mengoptimasi akun facebook kita untuk kepentingan bisnis yang kita jalankan?
Sebenarnya untuk sukses
bisnis (katakanlah disini jualan) di dunia facebook itu sederhana, yaitu,
“Kuncinya adalah membuat
postingan yang disukai, dibutuhkan dan bisa dilihat sebanyak-banyaknya oleh
akun facebook target pasar kita”.
(Disukai) Isi
postingannya menarik target pasar untuk berinteraksi
(Dibutuhkan) Penawaran
(baik berupa jualan langsung atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang kita
inginkan) yang diletakkan didalam postingan mendapat sambutan positif (closing)
Cara untuk bisa membuat
postingan banyak disukai, dibutuhkan dan dilihat sebanyak-banyaknya target
pasar adalah dengan memastikan teman-teman facebook kita adalah teman-teman
yang tertarget (memiliki minat yang besar terhadap produk jualan kita). jika
perlu unfriend teman yang tidak tertarget.
Contoh sederhana, saya saat ini jualan
produk digital untuk para internet marketer. Maka saya maksimalkan teman-teman
facebook adalah para internet marketer atau pebisnis online. Bagaimana mencari
akun-akun target kita? Anda bisa masuk kegrup-grup yang membahas tentang dunia
internet marketing dan juga menambahkan “pesaing” yang sudah memiliki banyak
follower.
1. Temukan dimana
biasanya Target Market Berkumpul
Cara menemukannya adalah
silakan cari di banyak Fanpage atau grup-grup Facebook yang berkaitan dengan
produk. Tinggal ketik saja di kolom pencarian yang disediakan Facebook.
Misalnya kalau kita
memasarkan produk skin care, maka carilah grup atau fanpage yang didalamnya
membahas tentang kecantikan. Contohnya bisa gunakan kata kunci seperti ini:
Tips memutihkan kulit, cantik alami, tips kecantikan, tutorial makeup, dll.
(Ingat Bukan grup yang lain).
Lalu Add Friend
membernya. Pola nomer 1 ini Keywordnya adalah setelah ketemu grup/fanpagenya
"ADD FRIEND". Cara ini Bisa dilakukan untuk menarget member yang ada
di Fanpage competitor juga. Ingat! Add Friend Tertarget untuk awal cukup 10
orang di pagi hari. 10 orang di siang hari. 10 orang di malam hari. (perlu di
ingat PERINGATAN dari Facebook.
2 Cara Manage Add Friend
Setelah 5 Hari,
melakukan aktivitas rutin no 1 diatas, biarkan dua hari tidak "Add
Friend", lalu hari ke 7 lakukan Clean (menghapus permintaan pertemanan
yang tidak direspon). Hal ini bertujuan untuk
mengurangi risiko blokir Facebook
"Cancel request permintaan pertemanan)".
3. Lakukan Update Status
3x Sehari.
Dengan cara cari tahu
KONTEN seperti apa yang membuat mereka TERTARIK. Jangan membuat konten yang
terlalu umum, apalagi konten yang tidak menarik bagi Friendlist kita.
Sebenernya, Update
Status tidak harus tips atau soft selling tentang bisnis. Anda bisa juga cukup
dengan posting gambar/video lucu, teka-teki, atau hal-hal unik yang intinya
memancing orang untuk berinteraksi di status. Tujuannya agar mereka interaksi
Like,Comment atau Share di postingan kita. Dengan begitu, sesuai Algoritma
Facebook dan kedepan, setiap kali kita update status, maka akan muncul di
beranda mereka yg suka melakukan interaksi Like, Comment atau Share di
postingan kita. Di Langkah ini, kita sudah mempersiapkan diri agar promosi kita
di kemudian hari akan terlihat oleh mereka jadi tidak perlu komen jualan.
4. Berinteraksi dengan
Friendlist yang sudah kita bangun.
Luangkan 15-30 menit
untuk melihat recent update beranda akunnya dan berinteraksilah, seperti, Like
dan Comment di Status Friendlist. Seperti pembahasan yang menarik, jangan ragu
ikut share status friendlist juga. Meski hanya sebuah interaksi LIKE, itu akan
membuat mereka mengenal kita dengan lebih cepat. (Inilah kesalahan yang paling
sering dilakukan oleh orang yang baru terjun ke optimasi Facebook Marketing
Organic cuma membuat post, tanpa bersosialisasi).
Perlu di ingat kembali
Media Sosial adalah kita juga harus bersosialisasi dengan orang lain. Bukan
cuma posting sendiri tanpa mempedulikan interaksi pertemanan yang sudah
tambahkan sebelumnya
5. Join Groups yang
Relevan dengan Jualan anda dan berinteraksilah disana.
Tujuannya selain untuk
melihat topik pembicaraan yang sedang hot di bidang tersebut, juga untuk lebih
mendalami behaviour dan tingkat interest target market. "Ini penting untuk
strategi promosi dari sisi mana kita mulai masuk".
6. Tahap Promosi dan
penjualan produk.
Untuk promosi tidak perlu
terlalu sering. Luangkan waktu saja 7 hari dalam 1 bulan dan itu adalah Promo
Diskon. Biasanya Jika tidak ada scarcity (keterbatasan waktu), orang suka
menunda untuk beli. Jadi kita perlu menciptakan keterdesakan itu. Jadi bisa
buat promo diskon selama satu minggu.
7. Bersih-bersih
Friendlist yang tidak melakukan Interaksi.
Jika interaksi semakin
berkurang, sudah saatnya mengganti friendlist yang pasif dengan friendlist yang
baru.
Baca Juga:
Jadi, itulah 7 Formula
dalam melakukan Optimasi FB Marekting Organic yang bisa lakukan setiap hari
secara manual (gratis).
0 Response to "7 Cara Mudah Membangun Optimasi Facebook Marketing Organik (Gratisan)"
Posting Komentar