Mau Suskes Berjualan dalam Waktu Relatif Cepat Lakukan 11 Langkah Ini
Cara Sukses Berjualan, Sebagai penjual seharus
ada tahapan dan strategi yang harus di ketahui
dan di lakukan seperti kesiapan (pra), waktu berjualan dan juga strategi
penjualan. Dua tahap tersebut membantu saudara untuk sukses berjualan. Entah
itu berjualan barang atau layanan jasa keduanya harus memerlukan konsep dan
strategi yang matang. Pelajari beberapa
aturan penting dalam memasarkan dan menjual produk atau jasa yang Saudara
tawarkan. Berikut 2 tahapan dan juga strategi penjualan yang baik dan membawa
kesuksesan.
Tahap 1
Pra Penjualan
1. Menyiapkan Diri untuk
Melakukan Penjualan
Orang-orang tidak akan
mau membeli sesuatu dari penjual yang kurang bersemangat. Meskipun ini. Tidak
berarti bahwa Saudara harus terlihat senang berlebihan, pastikan apa pun yang
ingin Saudara jual adalah sesuatu yang sangat Saudara sukai. Perasaan Saudara
akan tercermin dari ucapan Saudara
2. Ketahuilah di mana
posisi Saudara.
Ketahuilah dengan tepat
perbandingan antara produk Saudara dengan produk lainnya di pasar, dan kenali
baik-baik produk Saudara sendiri. Produk atau jasa yang Saudara jual haruslah paling
menarik dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh penjual yang lain, dan
caranya adalah dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari produk atau jasa
yang sedang tawarkan
3. Kenali konsumen
Saudara.
Cara agar berhasil dalam
menjual adalah dengan memberikan penawaran kepada orang yang tepat. Tidak
setiap orang ingin membeli alat-alat fotografi atau layanan telepon khusus,
jadi carilah orang yang benar-benar membutuhkannya.
a. Pasanglah iklan
produk atau jasa Saudara di lokasi yang mudah dilihat oleh orang-orang yang
membutuhkan.
b. Jangan menjual dengan
memaksa pembeli jika Saudara menyadari bahwa mereka tidak tertarik dengan apa
yang Saudara tawarkan sebab merekaakan menjadi jengkel dan kecewa kepada
Saudara.
4. Berusahalah menambah
pengetahuan.
Saudara tidak dapat
menjual apa pun jika tidak mengerti apa-apa tentang produk atau jasa yang
Saudara jual. Carilah informasi secara detail agar Saudara dapat menjawab semua
pertanyaan dari para pembeli
Tahap 2
Waktu Melakukan
Penjualan
1. Berikanlah penjelasan
secara singkat.
Meskipun Saudara merasa
bahwa penjelasan Saudara sudah sangat menarik dan memikat hati, batas waktunya
hanya 60 detik untuk membuat seseorang tertarik pada apa yang ingin Saudara
jual. Jadi Saudara harus bisa memengaruhi seseorang agar berminat untuk membeli
dalam waktu satu menit atau kurang
2.Jangan mengendalikan
pembicaraan.
Konsumen Saudara akan
tidak berminat lagi atau merasa jengkel jika Saudara terkesan memaksakan diri
dalam pembicaraan.
Tips
a. Berikan kesempatan
agar orang yang sedang mendengarkan penawaran Saudara bisa juga bertanya dan
memberikan komentar, dan Saudara harus mendengarkan dengan sepenuh hati apa
yang mereka katakan.
b. Ajukan pertanyaan
yang memberikan kesempatan kepada Konsumen Saudara untuk memberikan tanggapan
secara lengkap. Pertanyaan yang hanya bisa dijawab dengan ya atau tidak akan
menghambat percakapan dan membuat Saudara terkesan tidak mau mendengarkan apa
yang ingin mereka katakan.
c. Jangan memanipulasi
jawaban mereka. Mengubah kata-kata seseorang sesuai keinginan Saudara hanya
akan membuat mereka kecewa dan tidak berminat lagi untuk mendengarkan ucapan
Saudara.
3. Bangunlah hubungan.
Lebih mudah jika Saudara
menjual sesuatu kepada teman dekat atau anggota keluarga, bukan? Mereka mau
mendukung Saudara karena adanya ikatan antara Saudara dengan mereka.
Kemungkinan besar orang-orang akan mau membeli sesuatu dari Saudara jika sudah
terjalin hubungan hubungan antara Saudara dan mereka
4. Bersikap jujur.
Saudara tetap harus
mengatakan dengan jujur sekalipun ini berarti harus menunjukkan kekurangan dari
produk atau jasa yang Saudara tawarkan. Cara ini disukai oleh banyak orang
sebab kejujuran adalah hal yang menyenangkan bagi mereka dan sikap ini sangat
dihargai dari seorang wiraniaga.
5. jangan melakukan
penjualan dengan berpamrih.
Saudara akan kecewa jika
menganggap bahwa Saudara sudah tahu cara seseorang akan merespons atau
bagaimana transaksi penjualan akan berjalan. Akibatnya Saudara akan bereaksi
dengan cara tertentu dan kurang mampu bersikap fleksibel sehingga tidak dapat
menjual dengan baik. Biarkan kata-kata Saudara mengalir dengan sendirinya
sambil menyesuaikan diri dengan Konsumen
6 Hargailah Konsumen
Saudara.
Pada saat ingin menjual
sesuatu kepada siapa pun, entah itu seorang wanita yang baru saja Saudara temui
atau seorang pimpinan tertinggi di sebuah perusahaan, Saudara harus selalu
mendukung pendapat mereka. Meskipun Konsumen Saudara setuju atau tidak dengan
ucapan Saudara, dukunglah pendapat mereka agar mereka merasa dihargai.
Tips
a. Jika mereka tidak
setuju dengan apa yang Saudara katakan, dukunglah pendapat mereka dengan
memperlihatkan bahwa mereka sudah memahami sesuatu dengan benar. Bantulah
mereka mengubah cara pSaudarang dengan memberikan contoh-contoh yang mendukung
dan melakukan percakapan yang meyakinkan.
b. Hargailah kebutuhan
mereka akan produk Saudara. Bantulah mereka pada saat membeli apa yang Saudara
tawarkan agar mereka merasa didukung.
Tahap Menggunakan
Strategi Penjualan
1. Sesuaikan gaya bahasa
Saudara.
Gunakan kosa kata yang
dapat mengangkat Konsumen Saudara. Alih-alih mengatakan “Menurut saya...” atau
“Saya ingin menjelaskan kepada Saudara tentang...” arahkan penjelasan Saudara
agar tertuju kepada mereka. Gunakan kalimat seperti “Saudara akan sangat
menyukai...” dan “Saudara akan mengetahui bahwa... dan kondisi lingkungan
Saudara.
2. Perlihatkan
manfaatnya dengan jelas.
Produk yang Saudara
tawarkan harus terlihat sebagai pilihan yang paling tepat, dan Saudara harus
mampu memberikan alasan bahwa produk ini akan membuat hidup mereka lebih mudah,
meningkatkan keuntungan, menghemat waktu dan uang, dan sebagainya. Cara ini
akan membuat klien Saudara mampu melihat dengan jelas bahwa keputusan untuk
membeli produk Saudara akan memperbaiki kehidupan mereka secara signifikan.
3. Jangan melakukan
penjualan yang membingungkan.
Klien Saudara akan
merasa bingung dengan berbagai pilihan jika Saudara menawarkan terlalu banyak
hal sekaligus. Mereka akan kesulitan untuk memutuskan “ya” atau “tidak” atas
penawaran Saudara. Sebaiknya fokuskan penawaran Saudara pada barang atau jasa
tertentu dan ajukan pertanyaan untuk
4. Lanjutkan setiap
penjualan dengan penawaran berikutnya.
Tawarkan lagi produk
atau jasa yang lain setelah Saudara berhasil menjual. Konsumen Saudara akan
lebih reseptif jika sudah pernah membeli dari Saudara, dan untuk selanjutnya,
pekerjaan Saudara akan menjadi lebih ringan mengetahui minat mereka dalam membeli.
5. Berikan kemudahan
pada saat klien memutuskan mau membeli dari Saudara.
Klien Saudara mungkin
akan kecewa dengan banyaknya pekerjaan yang harus menjadi tanggung jawab mereka
jika Saudara menyusun rencana pembelian dan pengiriman yang rumit. Buatlah agar
segalanya menjadi mudah dengan menjadikan proses pembelian ini sebagai tanggung
jawab Saudara, bukan klien Saudara.
6. Buatlah kesepakatan
bersama.
Dengan adanya
kesepakatan, Saudara dapat bertemu lagi dengan para pembeli dan mereka akan
membeli lebih banyak produk dari Saudara. Tentukan tanggal untuk Bertemu lagi
dengan klien Saudara setelah mereka setuju untuk membeli produk Saudara
sehingga ada peluang untuk melakukan penjualan lagi di kemudian hari
7. Ciptakan kebutuhan.
Untuk mendorong
terjadinya penjualan, berikan kesan seolah-olah klien Saudara hanya mempunyai
sedikit waktu untuk memutuskan pembelian. Caranya antara lain dengan
memberitahukan bahwa diskon harga akan segera berakhir, harga akan segera naik,
atau persediaan barang atau jasa yang ditawarkan sangat terbatas.
8. Berikan penawaran
untuk mencoba dulu.
Jika klien Saudara
kelihatannya tertarik dengan produk Saudara, hilangkan keraguan mereka dengan
memberikan kesempatan agar mereka mencoba dulu produk Saudara. Saudara bisa
menawarkan agar mereka memakai produk yang Saudara jual selama beberapa hari
atau memberikan sampel produk ini untuk mereka gunakan. Jika mereka berminat
untuk memakainya dan merasakan ada manfaatnya bagi mereka, Saudara sudah dapat
memastikan transaksi penjualan Saudara dan memiliki peluang yang lebih besar di
kemudian hari.
9. Berikan pernyataan
terkhir
Perlihatkan kepada klien
Saudara bahwa membeli produk Saudara adalah satu-satunya pilihan terbaik.
Tunjukkan bahwa di kemudian hari mereka mungkin akan mengalami kerugian jika
tidak membeli dari Saudara, atau berikan perbandingan untuk membuktikan bahwa
produk atau jasa yang sejenis tidak memiliki kualitas yang sama dengan apa yang
Saudara tawarkan
10. Perhitungan biaya
harian.
Lakukan transaksi
penjualan dengan menunjukkan berapa besarnya biaya harian dari produk atau jasa
Saudara. Biarkan klien mendapatkan angka yang rendah dan terasa sangat masuk
akal sehingga mereka memutuskan untuk membeli dari Saudara.
11. Berikan pujian
Tunjukkan bahwa klien
yang membeli produk dan jasa Saudara adalah orang-orang yang sangat cerdas,
berpikiran logis, mau bekerja sama, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan
harga diri mereka, dan meninggalkan kesan baik tentang Saudara.
Sekian Suskes Berjualan
dengan tahapan yang benar. semoga bermanfaat dan menginspirasi perjalanan
penjualan saudara. Salam MAYIS blog lokal yang menginspirasi.
0 Response to "Mau Suskes Berjualan dalam Waktu Relatif Cepat Lakukan 11 Langkah Ini"
Posting Komentar