Begini Cara Survai Pasar Yang Benar dan Mudah di Lakukan
Survei pasar adalah bagian yang penting dari penelitian pasar yang
mengukur perasaan dan preferensi pelanggan dalam pasar tertentu. Dengan
berbagai macam ukuran, desain, dan tujuan, survei pasar merupakan salah satu
data utama yang digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk menentukan
produk dan layanan yang harus ditawarkan dan cara memasarkannya.
Langkah-langkah ini akan mengajarkan dasar-dasar mengenai cara membuat survei
pasar dan memberikan kiat untuk memaksimalkan hasil Survai Saudara.
Langkah 1
1. Menjangkau Pasar yang Tepat
Klarifikasilah tujuan survei pasar Saudara. Sebelum memulai
rencana apa pun, pastikan tujuan survei pasar Saudara. Apa yang ingin Saudara
ketahui? Apakah Saudara ingin mencoba mengevaluasi seberapa baik pasar Saudara
akan menerima produk baru? Mungkin Saudara ingin mengetahui seberapa efektif
pemasaran Saudara menjangkau target pembeli.
Apa tujuannya, pastikan Saudara memiliki tujuan yang jelas dalam
pikiran.
Misalnya, bayangkan Saudara memiliki sebuah perusahaan yang
menjual dan memperbaiki perlengkapan komputer. Tujuan Saudara menggunakan
survei pemasaran adalah mengetahui jumlah mahasiswa di universitas lokal yang
mengenal bisnis Saudara dan seberapa mungkin mereka membeli produk atau layanan
Saudara untuk pembelian atau perbaikan komputer selanjutnya.
2 Tentukan dan definisikan dasar, jangkauan, dan ukuran pasar
Saudara.
Sebelum melakukan survei di pasar , Saudara harus mengetahui
target pasar Saudara. Pilihlah parameter geografis dan demografisnya,
identifikasilah pelanggan berdasarkan jenis produknya, dan ketahuilah jumlah
orang yang berada di pasar.
Persempit penelitian pasar Saudara menjadi daftar pendek dari data
yang diinginkan, seperti kebiasaan membeli atau pendapatan rata-rata. Untuk
situasi bisnis perbaikan komputer yang disebutkan di atas, hal ini cukup mudah.
Saudara akan mencari mahasiswa. Akan tetapi, Saudara dapat mencoba fokus pada
siswa dengan pendapatan yang lebih tinggi atau siswa yang lebih memahami
teknologi, yang mampu membeli sesuatu dari Saudara.
3 Tentukan aspek-aspek pasar yang ingin Saudara teliti.
Hal ini bergantung sepenuhnya pada tujuan pemasaran Saudara dan
ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Jika Saudara memiliki produk baru,
Saudara mungkin ingin mengetahui seberapa dikenal atau diinginkannya produk itu
di pasar tertentu. Mungkin, Saudara ingin mengetahui kebiasaan membeli tertentu
dari pasar, misalnya kapan, di mana, dan seberapa banyak mereka membeli.
Klarifikasilah juga jenis informasi yang Saudara inginkan. Saudara
dapat menanyakan pertanyaan kualitatif tentang informasi yang tidak dapat
diukur langsung dengan angka, seperti apakah pelanggan memiliki saran apa pun
untuk memperbaiki produk atau layanan. Alternatifnya, Saudara dapat menanyakan
pertanyaan kuantitatif yang memberikan data masukan berupa angka atau
dapat diukur, seperti menanyakan tingkat penilaian (rating) dari 1 hingga
10 mengenai keefektifan produk.
Saudara mungkin juga ingin mengetahui secara spesifik hal-hal yang
mendorong para pelanggan Saudara sebelumnya untuk membeli produk. Dalam kasus
ini, pastikan untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang spesifik kepada para
pembeli terakhir (dalam sebulan terakhir) mengenai pengalaman membeli mereka
dan dari mana mereka mengetahui tentang produk Saudara.
Saudara dapat meningkatkan hal-hal yang menurut pelanggan sudah
sukses dan memperbaiki masalah apa pun yang mereka alami.
Untuk contoh perbaikan komputer, Saudara bisa fokus pada seberapa
sering pelanggan Saudara kembali menggunakan layanan Saudara atau seberapa
sering pelanggan baru menggunakan layanan Saudara dibandingkan kompetitor.
4 Cari tahulah di mana dan kapan Saudara dapat menjangkau
pelanggan di pasar.
Saudara dapat melakukan survei di mal atau jalan, melalui telepon,
daring (online), atau surel (email). Hasil Saudara mungkin berubah bergantung
pada hari dan tahunnya. Pilihlah cara dan waktu yang paling sesuai dengan
penelitian.
Saat menjangkau pelanggan pikirkan mengenai target. Target bisa
saja merupakan tujuan demografi yang sudah Saudara tentukan sebelumnya atau
hanya beberapa pelanggan Saudara sebelumnya.
Pastikan untuk memikirkan target Saudara, terutama saat melakukan
survei daring. Target pasar, terutama jika mereka agak tua, mungkin tidak dapat
mengakses saluran daring.
Misalnya, bisnis perbaikan komputer dapat memutuskan untuk
mewawancarai mahasiswa secara langsung di lokasi pusat di kampus atau daring
melalui situs web yang sering dikunjungi.
5 Tentukan jenis survei yang akan digunakan.
Survei dapat dibagi menjadi dua kategori umum yang berbeda
1. kuesioner
2. wawancara
Satu-satunya perbedaan dari kedua survei ini adalah orang yang
mencatat informasi responden. Dalam kuesioner, responden mencatat sendiri
jawaban mereka untuk pertanyaan yang diberikan. Adapun, dalam wawancara,
pewawancara menuliskan apa yang dikatakan responden. Selain itu, ada
pilihan-pilihan lain mengenai cara melaksanakan survei, baik daring maupun
secara langsung. Survei dapat dilakukan secara perorangan atau dalam kelompok.
Kuesioner dapat diberikan secara langsung atau melalui daring.
Wawancara dapat dilakukan secara langsung atau melalui telepon. Kuesioner
efektif untuk penelitian pasar dan mendapatkan jawaban untuk pertanyaan
tertutup. Akan tetapi, biaya cetak kuesioner mungkin tergolong mahal dan
kuesioner dapat membatasi kapasitas responden untuk menyampaikan pemikiran
mereka.
Wawancara memungkinkan pewawancara untuk memberikan pertanyaan
lanjutan untuk mengetahui pemikiran responden dengan lebih jelas. Akan tetapi,
cara ini lebih menghabiskan waktu untuk pewawancara.
Kuesioner kelompok bisa menjadi cara yang efektif untuk
mendapatkan hasil karena responden dapat berkolaborasi untuk memberikan
tanggapan yang lebih informatif untuk pertanyaan Saudara
6 Pertimbangkan platform survei daring.
Platform survei daring menawarkan cara untuk mengatur survei dan
hasil survei Saudara dengan harga yang terjangkau. Carilah saja
platform-platform daring ini dan bandingkan beberapa platform yang Saudara
temukan untuk mengevaluasi platform mana yang menawarkan alat-alat yang tepat
untuk survei Saudara.
Pastikan saja bahwa platform pilihan Saudara merupakan platform
survei yang memiliki reputasi baik. Saudara juga harus mempertimbangkan jika
target pasar Saudara cukup memahami teknologi komputer agar survei daring
efektif. Beberapa platform yang memiliki reputasi baik dan terkenal adalah
SurveyMonkey, Zoomerang, SurveyGizmo, dan PollDaddy
Bagian 2 Mendapatkan Hasil yang Terbaik
1 Pilihlah ukuran sampelnya.
Ukuran sampel Saudara harus valid secara statistik untuk
memberikan hasil yang dapat dipercaya. Saudara bisa membuat subsampel –
misalnya, “pria”, “18-24 tahun”, dst. – untuk mengurangi risiko hasil yang
cenderung mengarah ke jenis orang tertentu.
Persyaratan ukuran sampel Saudara bergantung pada seberapa akurat
Saudara menginginkan hasilnya. Semakin besar ukuran surveinya, semakin dapat
dipercaya hasilnya. Misalnya, ukuran survei 10 partisipan memiliki tingkat
kesalahan (margin of error) yang sangat besar (sekitar 32 persen). Ini berarti
bahwa pada dasarnya data Saudara tidak dapat dipercaya. Akan tetapi, ukuran
sampel 500 memiliki tingkat kesalahan yang lebih rendah, yaitu 5 persen.
Jika memungkinkan, mintalah partisipan Saudara untuk melaporkan
informasi demografis pada survei Saudara. Informasi ini bisa bersifat umum atau
spesifik, tergantung keinginan Saudara. Pastikan untuk memberikan
pertanyaan-pertanyaan ini pada awal survei. Akan tetapi, berhati-hatilah karena
banyak orang menghindari survei yang menanyakan informasi pribadi. Misalnya,
sebagai pemilik bisnis perbaikan komputer yang disebutkan di atas, Saudara
ingin mewawancarai sejumlah siswa yang signifikan secara statistik, bisa saja
dengan membaginya berdasarkan jurusan, umur, atau jenis kelamin.
2 Siapkan daftar pertanyaan dengan jawaban yang akan memberikan
data yang Saudara butuhkan untuk penelitian pasar.
Pertanyaan Saudara harus jelas dan spesifik. Cobalah untuk membuat
setiap pertanyaannya sangat jelas dengan kata-kata sesingkat mungkin.
Jika tujuan Saudara adalah untuk mengetahui pemikiran asli para
pelanggan, fokuslah untuk membuat pertanyaan terbuka yang dapat ditanggapi oleh
pelanggan dengan pemikiran asli mereka daripada menanyakan tingkat penilaian
atau memberikan pilihan gSaudara. Akan tetapi, jika Saudara menginginkan hasil
numerik, pastikan bahwa jawaban Saudara mencerminkan hal itu. Misalnya, Saudara
bisa meminta partisipan memberikan penilaian produk atau layanan dari 1 hingga
10.
3 Buatlah sebuah cara untuk mengukur jawaban yang Saudara terima.
Jika Saudara menanyakan preferensi, Saudara mungkin ingin meminta
responden untuk mengurutkan perasaan mereka secara numerik atau menggunakan
kata kunci. Jika Saudara bertanya tentang uang, gunakan jangkauan nilai. Jika
jawaban Saudara bersifat deskriptif, tentukan cara untuk mengelompokkan
tanggapan-tanggapan ini setelah survei selesai sehingga tanggapan dapat
dikelompokkan dalam kategori.
Misalnya, Saudara bisa bertanya kepada siswa mengenai seberapa
sering mereka mengunjungi toko komputer Saudara dengan tingkatan 1 hingga 10
atau jenis aksesoris komputer apa yang paling mereka inginkan, bergantung pada
jenis informasi yang Saudara butuhkan.
4 Identifikasilah variabel-variabel yang mungkin dapat memengaruhi
hasil Saudara.
Biasanya variabel ini meliputi sifat orang-orang yang mungkin akan
menjawab survei. Untuk mendapatkan hasil yang tidak berat sebelah, Saudara
harus mengetahui cara mengurangi pengaruh orang-orang ini. Misalnya, sebagai
pemilik bisnis komputer, Saudara bisa melakukannya dengan menyaring partisipan
sebelum survei. Jika Saudara merasa bahwa pelanggan Saudara banyak yang
merupakan siswa teknik, hanya terima hasil survei dari siswa-siswa teknik,
bahkan jika siswa-siswa sejarah dan bahasa Inggris mungkin lebih merespon
surveinya.
5 Mintalah seseorang melihat survei Saudara.
Jangan lakukan survei kecuali Saudara sudah memberikan survei
Saudara untuk kasus praktik, mungkin kepada teman atau kolega, untuk memastikan
bahwa pertanyaan Saudara masuk akal, jawaban yang Saudara terima dapat diukur dengan
mudah, dan surveinya mudah untuk diselesaikan. Khususnya, tanyakan pada teman
atau kolega
Saudara dalam kasus praktik untuk memastikan bahwa:
a. Survei tidak terlalu panjang atau rumit.
b. Survei tidak membuat asumsi yang tidak masuk akal tentang
target pasar.
c. Survei memberikan pertanyaan dengan cara yang paling langsung.
Bagian 3 Melaksanakan Survei
1 Tentukan periode waktu dan lokasi untuk survei Saudara.
Pastikan untuk memilih kombinasi dari waktu dan lokasi yang paling
mungkin menghasilkan sampel terbesar. Alternatifnya, jika survei Saudara
dilakukan daring, pastikan untuk memasangnya di tempat yang Saudara rasa akan
mendapatkan pembaca paling tertarget atau kirimkan survei ke penerima surel
yang paling mungkin mengisinya. Untuk survei daring, yang harus ditentukan
adalah periode waktu pengisian survei Saudara (seberapa lama responden Saudara
harus mengisi survei). Misalnya, bayangkan untuk bisnis komputer Saudara,
target pasar siswa teknik Saudara sibuk seharian dengan pekerjaan laboratorium.
Jadi, Saudara sebaiknya menjadwalkan survei Saudara sebelum atau sesudah
periode waktu kerja ini.
2 Jika Saudara menggunakan kuesioner, periksa ulang formulir
survei Saudara.
Pastikan untuk memeriksa formulir Saudara beberapa kali dan
mintalah orang lain untuk melakukan hal yang sama. Ingatlah bahwa survei
sebaiknya tidak lebih dari lima menit dan harus memiliki pertanyaan yang sangat
mudah untuk dijawab.
3 Laksanakan survei Saudara dengan memaksimalkan ukuran sampel dan
keakuratan tanggapan.
Ingatlah bahwa Saudara mungkin harus menjalankan survei lebih dari
sekali atau di beberapa tempat yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang
menyeluruh. Pastikan saja bahwa survei Saudara tetap sama dalam setiap survei
di waktu dan tempat yang berbeda Kalau tidak, hasil survei Saudara mungkin akan
beragam. Misalnya, sebagai pemilik bisnis komputer, Saudara bisa memilih
beberapa lokasi dan hari untuk melakukan survei pada siswa-siswa dengan jadwal
yang berbeda.
4 Analisislah hasil Saudara.
Catatlah dan susunlah tanggapan numeriknya dalam tabel
sambil menghitung rata-rata dan menganalisis tanggapan yang tinggi atau rendah.
Bacalah dengan teliti dan analisislah tanggapan dari pertanyaan terbuka untuk
mendapatkan ide mengenai tanggapan partisipan Saudara dan pemikiran mereka.
Susunlah informasi Saudara dalam sebuah laporan yang meringkas penemuan
Saudara, bahkan jika laporan itu hanya untuk tujuan pribadi. Bacalah dengan
teliti tanggapan-tanggapan itu untuk mencari kutipan-kutipan yang bagus dari
pelanggan. Tanggapan apa pun yang mengesankan, kreatif, atau positif dapat
digunakan kembali untuk iklan perusahaan di masa mendatang.
Tips
- Pada dasarnya, survei tidaklah fleksibel. Survei harus dilakukan
dengan cara yang sama ke semua responden untuk hasil. Ini berarti bahwa
Saudara tidak dapat menyesuaikan fokus survei selama prosesnya, bahkan jika
Saudara menentukan bahwa variabel yang tidak terduga sebelumnya sangatlah
penting.
Ini merupakan kekuatan dan kelemahan survei dan harus dipertimbangkan
saat menyusun survei Saudara. Lebih baik untuk membuat survei yang jelas dan
spesifik daripada mencoba mencakup susunan topik yang luas dalam satu survei.
Semakin sedikit topik yang coba untuk Saudara gunakan,
semakin detail berguna data yang akan Saudara terima. Berikan
hasil yang akurat. Lebih baik untuk memberikan hasil yang akurat dari sampel
yang kecil daripada menambahkan hasil “palsu” atau “buatan” hanya untuk
memperbanyak sampel Saudara.
Sekian Tahapan Survai Pasar Yang Seharusnya di Lakukan . Semoga
bermanfaat salam MASYIS
0 Response to "Begini Cara Survai Pasar Yang Benar dan Mudah di Lakukan"
Posting Komentar