Begini Cara Survai Pasar Yang Benar dan Mudah di Lakukan

Tahapan Survai Pasar Yang Seharusnya di Lakukan
Survei pasar adalah bagian yang penting dari penelitian pasar yang mengukur perasaan dan preferensi pelanggan dalam pasar tertentu. Dengan berbagai macam ukuran, desain, dan tujuan, survei pasar merupakan salah satu data utama yang digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk menentukan produk dan layanan yang harus ditawarkan dan cara memasarkannya. Langkah-langkah ini akan mengajarkan dasar-dasar mengenai cara membuat survei pasar dan memberikan kiat untuk memaksimalkan hasil Survai Saudara.

Langkah 1


1. Menjangkau Pasar yang Tepat

Klarifikasilah tujuan survei pasar Saudara. Sebelum memulai rencana apa pun, pastikan tujuan survei pasar Saudara. Apa yang ingin Saudara ketahui? Apakah Saudara ingin mencoba mengevaluasi seberapa baik pasar Saudara akan menerima produk baru? Mungkin Saudara ingin mengetahui seberapa efektif pemasaran Saudara menjangkau target pembeli.


Apa tujuannya, pastikan Saudara memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran.

Misalnya, bayangkan Saudara memiliki sebuah perusahaan yang menjual dan memperbaiki perlengkapan komputer. Tujuan Saudara menggunakan survei pemasaran adalah mengetahui jumlah mahasiswa di universitas lokal yang mengenal bisnis Saudara dan seberapa mungkin mereka membeli produk atau layanan Saudara untuk pembelian atau perbaikan komputer selanjutnya.


2 Tentukan dan definisikan dasar, jangkauan, dan ukuran pasar Saudara.

Sebelum melakukan survei di pasar , Saudara harus mengetahui target pasar Saudara. Pilihlah parameter geografis dan demografisnya, identifikasilah pelanggan berdasarkan jenis produknya, dan ketahuilah jumlah orang yang berada di pasar.


Persempit penelitian pasar Saudara menjadi daftar pendek dari data yang diinginkan, seperti kebiasaan membeli atau pendapatan rata-rata. Untuk situasi bisnis perbaikan komputer yang disebutkan di atas, hal ini cukup mudah. Saudara akan mencari mahasiswa. Akan tetapi, Saudara dapat mencoba fokus pada siswa dengan pendapatan yang lebih tinggi atau siswa yang lebih memahami teknologi, yang mampu membeli sesuatu dari Saudara.


3 Tentukan aspek-aspek pasar yang ingin Saudara teliti.

Hal ini bergantung sepenuhnya pada tujuan pemasaran Saudara dan ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Jika Saudara memiliki produk baru, Saudara mungkin ingin mengetahui seberapa dikenal atau diinginkannya produk itu di pasar tertentu. Mungkin, Saudara ingin mengetahui kebiasaan membeli tertentu dari pasar,  misalnya kapan, di mana, dan seberapa banyak mereka membeli.


Klarifikasilah juga jenis informasi yang Saudara inginkan. Saudara dapat menanyakan pertanyaan kualitatif tentang informasi yang tidak dapat diukur langsung dengan angka, seperti apakah pelanggan memiliki saran apa pun untuk memperbaiki produk atau layanan. Alternatifnya, Saudara dapat menanyakan pertanyaan kuantitatif yang memberikan data masukan berupa angka atau  dapat diukur, seperti menanyakan tingkat penilaian (rating)  dari 1 hingga 10 mengenai keefektifan produk.


Saudara mungkin juga ingin mengetahui secara spesifik hal-hal yang mendorong para pelanggan Saudara sebelumnya untuk membeli produk. Dalam kasus ini, pastikan untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang spesifik kepada para pembeli terakhir (dalam sebulan terakhir) mengenai pengalaman membeli mereka dan dari mana mereka mengetahui tentang produk Saudara. 

Saudara dapat meningkatkan hal-hal yang menurut pelanggan sudah sukses dan memperbaiki masalah apa pun yang mereka alami.

Untuk contoh perbaikan komputer, Saudara bisa fokus pada seberapa sering pelanggan Saudara kembali menggunakan layanan Saudara atau seberapa sering pelanggan baru menggunakan layanan Saudara dibandingkan kompetitor.


4 Cari tahulah di mana dan kapan Saudara dapat menjangkau pelanggan di pasar.

Saudara dapat melakukan survei di mal atau jalan, melalui telepon, daring (online), atau surel (email). Hasil Saudara mungkin berubah bergantung pada hari dan tahunnya. Pilihlah cara dan waktu yang paling sesuai dengan penelitian.

Saat menjangkau pelanggan pikirkan mengenai target. Target bisa saja merupakan tujuan demografi yang sudah Saudara tentukan sebelumnya atau hanya beberapa pelanggan Saudara sebelumnya.


Pastikan untuk memikirkan target Saudara, terutama saat melakukan survei daring. Target pasar, terutama jika mereka agak tua, mungkin tidak dapat mengakses saluran daring.

Misalnya, bisnis perbaikan komputer dapat memutuskan untuk mewawancarai mahasiswa secara langsung di lokasi pusat di kampus atau daring melalui situs web yang sering dikunjungi.


5 Tentukan jenis survei yang akan digunakan.

Survei dapat dibagi menjadi dua kategori umum yang berbeda

1.  kuesioner

2. wawancara

Satu-satunya perbedaan dari kedua survei ini adalah orang yang mencatat informasi responden. Dalam kuesioner, responden mencatat sendiri jawaban mereka untuk pertanyaan yang diberikan. Adapun, dalam wawancara, pewawancara menuliskan apa yang dikatakan responden. Selain itu, ada pilihan-pilihan lain mengenai cara melaksanakan survei, baik daring maupun secara langsung. Survei dapat dilakukan secara perorangan atau dalam kelompok.


Kuesioner dapat diberikan secara langsung atau melalui daring. Wawancara dapat dilakukan secara langsung atau melalui telepon. Kuesioner efektif untuk penelitian pasar dan mendapatkan jawaban untuk pertanyaan tertutup. Akan tetapi, biaya cetak kuesioner mungkin tergolong mahal dan kuesioner dapat membatasi kapasitas responden untuk menyampaikan pemikiran mereka.


Wawancara memungkinkan pewawancara untuk memberikan pertanyaan lanjutan untuk mengetahui pemikiran responden dengan lebih jelas. Akan tetapi, cara ini lebih menghabiskan waktu untuk pewawancara.

Kuesioner kelompok bisa menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan hasil karena responden dapat berkolaborasi untuk memberikan tanggapan yang lebih informatif untuk pertanyaan Saudara


6 Pertimbangkan platform survei daring.

Platform survei daring menawarkan cara untuk mengatur survei dan hasil survei Saudara dengan harga yang terjangkau. Carilah saja platform-platform daring ini dan bandingkan beberapa platform yang Saudara temukan untuk mengevaluasi platform mana yang menawarkan alat-alat yang tepat untuk survei Saudara. 

Pastikan saja bahwa platform pilihan Saudara merupakan platform survei yang memiliki reputasi baik. Saudara juga harus mempertimbangkan jika target pasar Saudara cukup memahami teknologi komputer agar survei daring efektif. Beberapa platform yang memiliki reputasi baik dan terkenal adalah SurveyMonkey, Zoomerang, SurveyGizmo, dan PollDaddy


Bagian 2 Mendapatkan Hasil yang Terbaik

1 Pilihlah ukuran sampelnya.

Ukuran sampel Saudara harus valid secara statistik untuk memberikan hasil yang dapat dipercaya. Saudara bisa membuat subsampel – misalnya, “pria”, “18-24 tahun”, dst. – untuk mengurangi risiko hasil yang cenderung mengarah ke jenis orang tertentu.


Persyaratan ukuran sampel Saudara bergantung pada seberapa akurat Saudara menginginkan hasilnya. Semakin besar ukuran surveinya, semakin dapat dipercaya hasilnya. Misalnya, ukuran survei 10 partisipan memiliki tingkat kesalahan (margin of error) yang sangat besar (sekitar 32 persen). Ini berarti bahwa pada dasarnya data Saudara tidak dapat dipercaya. Akan tetapi, ukuran sampel 500 memiliki tingkat kesalahan yang lebih rendah, yaitu 5 persen.


Jika memungkinkan, mintalah partisipan Saudara untuk melaporkan informasi demografis pada survei Saudara. Informasi ini bisa bersifat umum atau spesifik, tergantung keinginan Saudara. Pastikan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan ini pada awal survei. Akan tetapi, berhati-hatilah karena banyak orang menghindari survei yang menanyakan informasi pribadi. Misalnya, sebagai pemilik bisnis perbaikan komputer yang disebutkan di atas, Saudara ingin mewawancarai sejumlah siswa yang signifikan secara statistik, bisa saja dengan membaginya berdasarkan jurusan, umur, atau jenis kelamin.


2 Siapkan daftar pertanyaan dengan jawaban yang akan memberikan data yang Saudara butuhkan untuk penelitian pasar.

Pertanyaan Saudara harus jelas dan spesifik. Cobalah untuk membuat setiap pertanyaannya sangat jelas dengan kata-kata sesingkat mungkin.


Jika tujuan Saudara adalah untuk mengetahui pemikiran asli para pelanggan, fokuslah untuk membuat pertanyaan terbuka yang dapat ditanggapi oleh pelanggan dengan pemikiran asli mereka daripada menanyakan tingkat penilaian atau memberikan pilihan gSaudara. Akan tetapi, jika Saudara menginginkan hasil numerik, pastikan bahwa jawaban Saudara mencerminkan hal itu. Misalnya, Saudara bisa meminta partisipan memberikan penilaian produk atau layanan dari 1 hingga 10.


3 Buatlah sebuah cara untuk mengukur jawaban yang Saudara terima.

Jika Saudara menanyakan preferensi, Saudara mungkin ingin meminta responden untuk mengurutkan perasaan mereka secara numerik atau menggunakan kata kunci. Jika Saudara bertanya tentang uang, gunakan jangkauan nilai. Jika jawaban Saudara bersifat deskriptif, tentukan cara untuk mengelompokkan tanggapan-tanggapan ini setelah survei selesai sehingga tanggapan dapat dikelompokkan dalam kategori.


Misalnya, Saudara bisa bertanya kepada siswa mengenai seberapa sering mereka mengunjungi toko komputer Saudara dengan tingkatan 1 hingga 10 atau jenis aksesoris komputer apa yang paling mereka inginkan, bergantung pada jenis informasi yang Saudara butuhkan.


4 Identifikasilah variabel-variabel yang mungkin dapat memengaruhi hasil Saudara.

Biasanya variabel ini meliputi sifat orang-orang yang mungkin akan menjawab survei. Untuk mendapatkan hasil yang tidak berat sebelah, Saudara harus mengetahui cara mengurangi pengaruh orang-orang ini. Misalnya, sebagai pemilik bisnis komputer, Saudara bisa melakukannya dengan menyaring partisipan sebelum survei. Jika Saudara merasa bahwa pelanggan Saudara banyak yang merupakan siswa teknik, hanya terima hasil survei dari siswa-siswa teknik, bahkan jika siswa-siswa sejarah dan bahasa Inggris mungkin lebih merespon surveinya.


5 Mintalah seseorang melihat survei Saudara.

Jangan lakukan survei kecuali Saudara sudah memberikan survei Saudara untuk kasus praktik, mungkin kepada teman atau kolega, untuk memastikan bahwa pertanyaan Saudara masuk akal, jawaban yang Saudara terima dapat diukur dengan mudah, dan surveinya mudah untuk diselesaikan. Khususnya, tanyakan pada teman atau kolega 

Saudara dalam kasus praktik untuk memastikan bahwa:

a. Survei tidak terlalu panjang atau rumit.

b.  Survei tidak membuat asumsi yang tidak masuk akal tentang target pasar.

c. Survei memberikan pertanyaan dengan cara yang paling langsung.


Bagian 3 Melaksanakan Survei 
1 Tentukan periode waktu dan lokasi untuk survei Saudara.

Pastikan untuk memilih kombinasi dari waktu dan lokasi yang paling mungkin menghasilkan sampel terbesar. Alternatifnya, jika survei Saudara dilakukan daring, pastikan untuk memasangnya di tempat yang Saudara rasa akan mendapatkan pembaca paling tertarget atau kirimkan survei ke penerima surel yang paling mungkin mengisinya. Untuk survei daring, yang harus ditentukan adalah periode waktu pengisian survei Saudara (seberapa lama responden Saudara harus mengisi survei). Misalnya, bayangkan untuk bisnis komputer Saudara, target pasar siswa teknik Saudara sibuk seharian dengan pekerjaan laboratorium. Jadi, Saudara sebaiknya menjadwalkan survei Saudara sebelum atau sesudah periode waktu kerja ini.


2 Jika Saudara menggunakan kuesioner, periksa ulang formulir survei Saudara.

Pastikan untuk memeriksa formulir Saudara beberapa kali dan mintalah orang lain untuk melakukan hal yang sama. Ingatlah bahwa survei sebaiknya tidak lebih dari lima menit dan harus memiliki pertanyaan yang sangat mudah untuk dijawab.


3 Laksanakan survei Saudara dengan memaksimalkan ukuran sampel dan keakuratan tanggapan.

Ingatlah bahwa Saudara mungkin harus menjalankan survei lebih dari sekali atau di beberapa tempat yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang menyeluruh. Pastikan saja bahwa survei Saudara tetap sama dalam setiap survei di waktu dan tempat yang berbeda Kalau tidak, hasil survei Saudara mungkin akan beragam. Misalnya, sebagai pemilik bisnis komputer, Saudara bisa memilih beberapa lokasi dan hari untuk melakukan survei pada siswa-siswa dengan jadwal yang berbeda.


4 Analisislah hasil Saudara.

 Catatlah dan susunlah tanggapan numeriknya dalam tabel sambil menghitung rata-rata dan menganalisis tanggapan yang tinggi atau rendah. Bacalah dengan teliti dan analisislah tanggapan dari pertanyaan terbuka untuk mendapatkan ide mengenai tanggapan partisipan Saudara dan pemikiran mereka. Susunlah informasi Saudara dalam sebuah laporan yang meringkas penemuan Saudara, bahkan jika laporan itu hanya untuk tujuan pribadi. Bacalah dengan teliti tanggapan-tanggapan itu untuk mencari kutipan-kutipan yang bagus dari pelanggan. Tanggapan apa pun yang mengesankan, kreatif, atau positif dapat digunakan kembali untuk iklan perusahaan di masa mendatang.


Tips


- Pada dasarnya, survei tidaklah fleksibel. Survei harus dilakukan dengan cara yang sama ke semua responden untuk  hasil. Ini berarti bahwa Saudara tidak dapat menyesuaikan fokus survei selama prosesnya, bahkan jika Saudara menentukan bahwa variabel yang tidak terduga sebelumnya sangatlah penting. 

Ini merupakan kekuatan dan kelemahan survei dan harus dipertimbangkan saat menyusun survei Saudara. Lebih baik untuk membuat survei yang jelas dan spesifik daripada mencoba mencakup susunan topik yang luas dalam satu survei. Semakin sedikit topik yang coba untuk Saudara gunakan, 

semakin detail berguna data yang akan Saudara terima. Berikan hasil yang akurat. Lebih baik untuk memberikan hasil yang akurat dari sampel yang kecil daripada menambahkan hasil “palsu” atau “buatan” hanya untuk memperbanyak sampel Saudara.

Sekian Tahapan Survai Pasar Yang Seharusnya di Lakukan . Semoga bermanfaat salam MASYIS

0 Response to "Begini Cara Survai Pasar Yang Benar dan Mudah di Lakukan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel