100 % Karyawan Puas, Pelanggan Puas (CS=ES) Ini Fakta Studinya!
Tak peduli Instasi, Swasta,
atau Pekerja Apapun lihatlah FAKTA STUDI BERIKUT !
Memberikan pelayanan yang
memuaskan pelanggan barangkali merupakan pilihan mutlak yang kudu diambil
ketika sebuah entitas bisnis hendak melestarikan kejayaannya.
Di belakangmu ada satu item
yang punya peran kritikal namun SIALNYA, selama ini acap kali luput dalam
perbincangan mengenai pemenuhan kepuasan pelanggan?
Ada satu kunci ketika anda
mengiginkan usaha anda terus maju!
Untuk memuaskan pelanggan
maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah MEMUASAKAN KARYAWAN. ( dari
Dahulu Inilah yang sudah di terapkan perusahaan profit luar seperti dalam sebuah buku Sergey Brin dan Larry Page mengenai google inc mereka sangat memperhatikan karyawan mulai gaji, fasilitas yang super untuk karyawan.
# You can not create
satisfied customers without satisfied employees.
Pernyataan diatas didukung
juga oleh serangkaian studi di berbagai belahan dunia. Penelitian yang
dilakukan oleh Dana Jones (1996) misalnya; menunjukkan adanya hubungan yang
positif antara customer satisfaction (CS) dengan employee satisfaction (ES). Artinya tingkat kepuasan
karyawan Anda berbanding lurus dengan tingkat kepuasan pelanggan yang Anda
miliki — semakin puas karyawan Anda, maka semakin tinggi juga tingkat kepuasan
pelanggan Anda, dan sebaliknya.
Temuan serupa juga dikenali
dan dimanfaatkan oleh Sears Roebuck, sebuah perusahaan retail terkemuka dari
USA.
Dari survei tahun yang
dilakukan, mereka menemukan bahwa rating kepuasan karyawannya amat menentukan
tinggi rendahnya rating kepuasan pelanggan mereka, dan pada ujungnya
berpengaruh terhadap tingkat profit yang mereka peroleh. Karena itu, pihak top
manajemen Sears kemudian meminta setiap store manager-nya untuk peduli dengan
kepuasan karyawannya; sebab faktor ini ternyata amat berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan dan juga tingkat profit yang diperoleh tiap outlet-nya.
Segenap promosi dan reklame
tentang gambar pelanggan yang tersenyum puas hanya akan HANYA menjadi sebuah
PARODI manakala itu tak dibarengi dengan sebuah keseriusan untuk memberikan
pelayanan yang sempurna kepada para “pelanggan didalam” – yakni barisan para
karyawan.
Lalu bagaimana jika saya hanya mempunyai usaha kecil, 1, 2, 3, 4 karyawan atau di atasnya seperti pekerja Ukm dan usaha yang baru berkembang?
Benar, Sekarang karyawan anda adalah manusia maka manusiakan mereka.
Perhatikan hal kecil seperti menanyakan kabar dirinya dan keluarganya itu akan membantu sedikit membahagiakan mereka dan akan menambah dekat hubungan karyawan dengan atasan, mulailah dari hal kecil seperti perhatian , menambah fasilatas kecil-kecilan kalau keuangan usaha anda mampu maka jangan ragu untuk mulai memikirkan hal lebih, karena mereka bekerja dangan anda motif terbesarnya adalah uang. Namun harus di barengi dengan peningkatan skill karyawan dan andalah yang lebih tau akan karyawan anda?
Apakah kaywan anda sudah bahagia hari ini ?
Apakah anda sudah mempedulikan karyawan anda hari Ini?
Nah itulah,CS berbanding lurus dengan ES, 100 % Karyawan Puas, Pelanggan Puas!
Sumber pandukung :
Yodhia Antarikasa, Blog strategi management
0 Response to "100 % Karyawan Puas, Pelanggan Puas (CS=ES) Ini Fakta Studinya!"
Posting Komentar