Sukses Ngeblog, Inilah Saran Ampuh Ngeblog dari Sumbodo Malik

Tips Ngeblog - Sudah banyak orang Indonesia yang sukses hanya dengan modal ngeblog dengan modal tekun dan sedikit tehnik SEO. Sebenarnya ilmu di internet luar biasa banyak tinggal kita menjadi pembaca yang pintar, dalam artian ambil dagingnya dan perbanyak praktek dan praktek. 
Di bawah  ini ada tips indah dan menurut saya pribadi masih powerfull. Tips ini sebenarnya hanya ingin saya jadikan pengingat bagi diri saya dan mungkin ada teman pemula yang membutuhkan.

hasil kerja keras ngeblog sumbodo malik pada 2012

Dan Sebenarnya  cara ini sudah dimuat sejak 2014 di group facebok kampung blogger dan hingga kini ternyata masih baik digunakan. Meski saya memotong 1 nomor namun, tidak merubah dari esensi yang membuatnya.

Untuk riset keyword sangat di sayangkan kini EZKeyword sudah ditutup semoga dibuka kembali entah ditahun depan atau depannya lagi. Bagi saya pribadi Ezkeyword tool terbaik karya anak bangsa sangat membantu dalam dunia blogger apalagi pemula.

Sebelum melanjutkan ini ada 3 kunci kapasitas diri yang sangat membantu anda dalam mensukseskan blog anda.
Di kutip dari dari blog Strategi Manajemen yang sudah berpuluhan tahun nangkring di page-page google indonensia dan dikatakan juga salah satu 25 blogger terbaik di Indonesia versi panduan IM. Bagi saya sendiri meski kunci ini hanya tiga namun beratnya luar harus menjadikan saya belajar sabar  dengan 3 kunci diri:
1. Focus on Value: value utama yang  berikan adalah konten-konten yang berkualitas, dan rutin hadir.
2. Konsistensi
3. Be Resourceful: panjang akal atau penuh inisiatif dan gigih mencari solusi dan tidak mudah menyerah saat stuck.

Image : FB Sumbodo Malik Maret 2010 dalam album Hasil Jadi OB - Tetes Tetes Keringat

Berikut Ringkasan Saran dari mas Sumbodo Malik Tentang Membangun sebuah Blog:
Pertama adalah cara membangun blog dan biar gak repot link building
1. Domain umurnya lebih dari 1 tahun
2. Punya GBL ak.a Google Backlink
3. DA diatas 25 (klu ini syarat pribadi jadi mau diatas 25 pun ga masalah)

Tips Riset kata kunci
1. Perhatikan negara target
2. perhatikan musim negara target
3. Pastikan domain temen-temen siap untuk berjuang di bulan keberapa, jadi saat posting dan target traffic tidak mubazir.
4. Carilah niche yang kurang disukai temen" di indonesia (karena semua niche punya potensi)

Tips Bikin Artikel Berkualitas Ala Sumbodo Malik
1. siapkan keyword-nya
2. cari artikel yang related dengan keyword tersebut dengan cara ketik allintitle: keyword di google
3. pilih salah satu yang tebaik menurut anda
4. translate ke bahasa indonesia, pahami dah tulis ulang dengan bahasa anda
5. masukin keyword kedalam artikel senatural mungking jangan terlalu banyak dan campur antara keyword utama dengan keyword turunan
6. setelah jadi translate lagi ke english
7. benerin grammar dengan ginger/spelcheckplus
8. coba berlatih sehari 1-2 artikel
9. belajarlah telaten dan niat dan kasih batas waktu buat diri sendiri dengan tujuan agar passionnya terbentuk.

Tambahan Cara Rewrite Ala Sumbodo Malik
1. C*pas artikel yang menarik
2. Translate dari english ke indonesia
3. tulis ulang dengan gaya bahasa sendiri, rangkuman aja gpp kok minimal 150 kata klu aku (sisipin keyword utama dengan 2-3x pengulangan)
4. translate lagi ke english
5. benerin grammar pake free software namanya ginger
6. setelah bener menurut ginger tinggal di posting
7. Fetch Google

Nb: cuplikan-cuplikan yang  bermanfaat
1. Cara menangani masalah musim negara tertarget
Keyword Musim bisa dicari di google jadi coba sesuaikan musimnya dengan negara target. Misal kalau orang lain main adsense target US kenapa ga dicoba untuk target negara Italy german dan rusia? jangan salah lho cpc mereka gila gila sama seperti us dan yang pasti saingan blogger indonesianya sedikit dan tool seperti penulis kontennya pun lengkap ada di Fiverr

2. Jawaban kenapa tanpa link building ?
Masalah link buildingnya sudah dapat dari domain expired tadi dan post pun manual pakai tangan.

3. Tentang  jumlah kata dlm artikel dan jumlah posting perhari ?
Menurut Sumbodo Malik minimal kata yang digunakan diblog sendiri 350 kata tapi ada yang 100-150 kata juga dasyat dan untuk posting bisa 25 tapi minimal 4 dalam sehari.

4. Tentang image dalam artikel ?
Untuk image perlu kan seo sekarang ada penjelasan details untuk imagenya dan bukan untuk bot tapi untuk user. Jadi image bisa mewakili artikel.

5. Tips dari Fandy tentang cari image
Cara paling mudah kalau cari image cari di Facebook sebab google tidak detect gambar di facebook.

6. Senjata mas Sumbodo Malik untuk riset KW
Kalau untuk riset keyword masih seperti dulu senjata cuma Gtrend + Semrush + senuke (filter easy keyword).

7. Masalah gak mudeng 
"Sumbodo Malik owh gini soal filtering.. kadang suka salah bahwa riset sekarang cpc akan tetap sama beberapa bulan kemudian... jangan salah bahwa cpc itu dinamis bisa bulan ini $1 bulan depan $0 karena ga ada pengiklannya.. jadi untuk menjaga cpc biar tetep tinggi ya post artikel baru yang base on riset terbaru dan CPC dan CTR itu ga melulu soala filter cpc tapi lebih ke filter ads. competition jadi kalau mau CTR tinggi cari
keyword dengan High Competition Ads. Artinya tingkat persaingan pengiklannya tinggi semakin tinggi mendekati 1 nilainya iklannya akan semakin related dengan keyword. Jadi semakin iklan related CTR juga akan tinggi ga mungkin nyari kabel muncul iklan ban akan di klik, jadi iklan kabel akan muncul di keyword kabel.

8. Lanjutan gak mudeng
"Sumbodo Malik wah kurang tau bekerja untuk berapa unit setahuku ya ads section itu memaksa iklan yang keluar akan related dengan keyword yang dikasih ads sectionnya. menaruh ads section tidak melulu di keyword utama.. jadi misal keyword utama high traffic cpc $0,01 didalam artikel ada turunan atau short keyword dari keyword utama yang mempunyai cpc gede ya itu aku kasih ads section.. ya sesuai kebutuhan aja.

9. Tentang masalah niche
"Sumbodo Malik Duh kenapa masih bingung, soal niche Buka aja gtrend Kalau tidak top trend ya di explore. Google aja dah nyediain banyak pilihan tinggal di pilih terus bikin. Jangan ingetnya cuma home sama car..Haha".

10. Jumlah image dalam artikel
"Sumbodo Malik hahaha... blogku yang home malah image cuma 1-3 biji kadang cuma 1.. health cuma 1 imagenya.. intinya itu coba mas Fandy
Cari idenya sambil lihat lingkungan sekitar trend sekitar jangan tiap mau bikin site yang ditatap cuma furniture rumah sekali kali tatap lukisan sekali kali tatap pot bunga dan sekali kali kali tatap pohon yang ada di kebun"

11. Link jawaban yg tanya tentang ok gak pake cepot
"ini ada link klo mo blajar pake cepot, sapa tau bermanfaat $1k /bln pake cepot di ads-id . com/forums/showthread.php/64363-SHARE-Tips-For-Gets-1k-month-With-Blogspot"

12. Tips artikel buat daftar adsense:
"Sumbodo Malik kalau tujuannya diterima adsense usahakan konten yang dipost  tidak melanggar tos google seperti drug, breast ataupun menampilkan bagian tubuh manusia secara jelas dan juga sesuatu post yang memberikan janji seperti before dan after juga pregnant itu juga dilarang.."

13. Tahap awal:
1. bikin blog dulu
2. pahami fungsi" wordpress dan pluginnya, ataupun blogspot juga bisa
3. pelajari gmn posting yang baik dan benar, posting aja yang clean ga usah pasang" widget aneh" intinya pelajari wordpress dari setting sampai
posting, itu dulu aja
4. coba belajar dari mulai copas konten sampai write unik konten ( bisa dengan copas dan ditulis ulang)
5. usahakan mulai dengan riset keyword dari niche yang disukai dan mulai memilah mana keyword yang banyak dicari orang dan saingan seidikit.. lupakan sejenak mencari uangnya pelajari dulu.. belajar dan belajar.
6. ketika dah mulai terbiasa dengan wp dan dapet traffic, silahkan post tahap selanjutnya mas.

14. Tentukan dulu tujuan blognya mo buat apa:
"Sumbodo Malik klu ngeblog itu intinya di traffic mas.. semakin tinggi traffic semakin tinggi juga kemungkinan pengahsilannya.. tinggal bikin blognya tujuannya seperti apa? Adsense toko online atau affiliasi? beda teknik pembuatan konten untuk beberapa jenis blog tadi.
1. Adsense lebih ke informasi dari targeted keyword yang kita bidik
2. Affiliasi, lebih ke sales letter yang menarik minta orang untuk join atau membeli3.
toko online bisa dari review produk kita sendiri, atau kumpulan produk directory yang boost trafficnya dari social media. bisa dipelajari di ads-id.com mas lengkap disana"

Source:
Facebook Kampung Blogger catatan amburadul jawaban mas Sumbodo Malik dan tips dari oleh Firman Setyawan pada 25 Januari 2014 

0 Response to "Sukses Ngeblog, Inilah Saran Ampuh Ngeblog dari Sumbodo Malik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel