Dikasih 27.5 Miliar Setelah 45 Tahun Dipenjara "Pria Ini Terbukti Tak Bersalah"


Seorang lelaki yang dituduh dalam sebuah permasalahan pembunuhan, ditetapkan bebas sesudah menjalani hukuman penjara sekitar 45 tahun.

Keputusan tersebut dikatakan oleh Pengadilan Kota Detroit, Amerika Serikat (AS), pada Rabu, 28 Maret 2018, dan ditetapkan tidak bakal ada penyidikan lanjutan terhadapnya.

Dikasih 27.5 Miliar Setelah 45 Tahun Dipenjara "Pria Ini Terbukti Tak Bersalah"

Di samping membuatnya bebas dari hukuman penjara, keputusan tersebut pun memberinya hak mendapat ganti rugi pelajaran dari otoritas hukum setempat atas perkara salah tangkap.

Dikutip dari news.com.au pada Minggu (1/4/2018), lelaki yang mempunyai nama Richard Phillips (71) tersebut mengatakan: "Keadilan memang bekerja, namun tidak secepat yang saya harapkan."

Jaksa distrik Wayne County, Kym Worthy, mengatakan penyelidikan baru oleh kantornya, menyokong klaim bahwa Phillips tidak mempunyai peran dalam permasalahan penembakan fatal pada 1971 silam.

Dia mengatakan seorang saksi kunci berbohong, menjadikan Phillips domba hitam di persidangan yang dilangsungkan setahun setelahnya, sampai-sampai membuatnya terpaksa meringkuk di penjara.

"Tidak ada satu hal yang dapat saya katakan untuk membalikkan 40 tahun hidupnya," kata Worthy.

Kasus ini dimulai kembali atas tekanan Klinik Kejujuran di Sekolah Hukum Universitas Michigan, sesudah seorang tertuduh yang turut menjalani sidang hukum serupa mengatakan untuk dewan pembebasan bersyarat negara pada Kepolisian AS, bahwa Phillips tidak terlibat dalam aksi pembunuhan Gregory Harris.

Mendapat Ganti Rugi Hingga Rp 27.5 Miliar

Richard Phillips sudah resmi mencium udara bebas semenjak Desember lalu, dan bisa jadi akan mendapat ganti rugi sampai US$ 2 juta atau selama Rp 27,5 miliar dari otoritas hukum negara unsur Michigan.

Berdasarkan keterangan dari David Moran dari Universitas Michigan, tidak terdapat seorangpun di AS yang mengalami kekeliruan hukuman penjara lebih lama dari Phillips.

"Ini paling memalukan, otoritas hukum melewatkan urusan yang merangsang kerugian fatal untuk orang beda yang tidak bersalah," ujar Moran.

Sementara itu, di hadapan media, Phillips mengatakan: "Saya tidak pernah membawa  kepahitan, jadi saya bukan orang yang gampang kehilangan harapan".

Saat ini, salah satu kemauan Phillips ialah bertemu dengan dua anak gadisnya, yang saat ia masuk penjara, berusia empat dan dua tahun.

Meski berita tentang dirinya sudah menyebar luas, Phillips menyatakan belum mendengar kabar tentang eksistensi kedua anaknya tersebut.

Phillips sekarang menetap di pinggiran kota Detroit. Di sana, ia aktif menghadiri kebaktian di suatu gereja, dan menyalurkan kisahnya dengan semua jemaat setempat. [1

0 Response to "Dikasih 27.5 Miliar Setelah 45 Tahun Dipenjara "Pria Ini Terbukti Tak Bersalah""

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel