Strategi Konten Viral, Apa Itu Viral dan Keuntungan yang harus…..
Facebook, Youtube, Blog,
Instagram, Twitter semua sosmed laris bisa di viralkan.
Viral adalah suatu teknik
komunikasi yang memanfaatkan jaringan sosial untuk mencapai suatu titik tujuan
tertentu melalui proses komunikasi berantai dari satu ke yang lainnya atau
terus menyebar. Viral bisa saja seperti virus yang dapat dikategorikan ke dalam
terminologi dunia komunikasi bergantung dengan konten yang akan disaji dan di
sampaikan, jika isi dari konten tersebut dirasakan bermanfaat maka akan
disebarluaskan kepada publik lainnya begitu seterusnya.
Pesan yang disampaikan dalam
viral sangat berpengaruh terhadap kesan yang akan diterima oleh publik. Jika
pesan tersebut bermanfaat dan menarik tentunya akan memberikan kesan positif
dan tanpa disadari mereka akan menyampaikan kembali pesan tersebut kepada orang
lain. Oleh karena itu kata Viral cocok didefinisikan sebagai "strategi
untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap sebuah brand melalui informasi
berantai atau yang biasa kita kenal dengan teknik word of mouth atau mulut ke
mulut”
Kata Viral kemudian
digunakan bersama dengan kata go, dan jadilah go viral, yang kurang lebih
berarti menyebar dalam sekejap melalui Internet atau media lain. Maka, ungkapan
ini hanya bisa digunakan untuk menjelaskan popularitas konten tertentu yang
terjadi secara cepat, bukan konten yang mungkin juga sama populernya, tetapi
memakan waktu berbulan-bulan untuk sampai ke puncak tangga popularitas.
Viral gampangnya Ngartis
Sesaat
Indonsia demen banget dengan
konten viral ?
Ada beberapa beberapa sebab
mengapa orang-orang demen yang namanya Viral, walaupun nenek moyang The Java
sudah berulang kali mewariskan pesan “ nang jaman ngarep kue, dadi wong kue aja
gumunan”.
Viral kok demen banget ?
a apakah orang Indonesia itu
mempunyai sifat cepat bosan ?
b.atau orang indo itu cepat
melupakan hal kemarin ?
c. atau orang Indonesia
demen yang namanya ikut-ikutan ?
d atau mangsa pasar dari
salah satu actor tertentu
dari beberapa pertanyaan
diatas lebih baik kembalikan ke individu masing-masing dengan menyadari dan
mengetahui akan kapasitas dirinya.
Setidaknya kita tidak
menjadi korban viral yang sama sekali tidak berhubungan dengan pribadi saudara.
Manfaat Viral
Viral tergantung kemana arah
yang akan di capai, yang jelas saudara harus mendapatkan lebih dari hasil viral
tersebut.
1. Pendapatan meningkat
2. Follower bertambah
3. Pengunjung tetap
4. Pemasaran
5. Intinya yang berkenaan
dengan profit pendapatan atau Uang
Viral = Peluang
Viral mirip dengan Strategi perang
Membuat konten Viral memang
memerlukan strategi khusus mulai dari pengamatan public, sasaran, tema, timing,
sampai titik keberhasilan viral tersebut mirip dengan strategi perang.
1. Bikin Judul yang setiap
orang pasti Gregetan dan ingin mengeklik
2. Isi sepadan dengan Judul
atau ada kualitasnya.
3. Di dorang momentum dan Timing saat saat tertentu hasil dari jerih payah pengamatan public ataupun arus
media utama.
4. Bumbu penyedap yang wajib
yaitu lombok atu mrica atau Emosional ‘ setidaknya yang membaca terwakilkan
oleh konten yang saudara hadirkan.( riset)
5. Seolah-olah senasib atau
dekat dengan keadaan mereka
6. Target list orang-orang
yang akan mendukung konten saudara.
Biasanya orang pendidikan rendah, mudah marah, provokatif, suka sensasi dan
kegalauan lainya. Sebaiknya meng list target pertama untuk membantu ikut share.
Belum berhasil juga ?
7. Sediakan Team Viral atau
orang yang siap meng-Viralkan melalui komunitas atau serikat lainya.
Belum Berhasil juga?
Berarti saudara belum lama
duduk di depan komputer yang terkoneksi wifi dan menikmati konten youtube dan
korban dari fanspage facebook (justkidding)
Belum berhasil juga ?
8. Beli aja Url konten yang
lagi trend siapa tau bukan orang I M yang buat. Saudara lagi berutung untuk
memenuhi kebutuhan saudara entah itu penjualan, trafik, uang maupun di jual
kembali.
Belum berhasil juga
9. Amati contoh kasus viral
dan belajar lagi.
Sekian Strategi Viral, Apa
Itu Viral dan Keuntungan Viral ? sayangnya saya pribadi tidak suka Viral meski
saya dahulu pemain Viral di youtube. Bacaan ini ada 5 poin yang di ambil
dari blog strategi manajemen net
Saran
Buatlah Viral yang Tidak Akan
Bacin dan bersifat Positif
Salam MASYIS “semoga bacaan
ini bermanfaat bagi saudara”
Di tulis 2 jam di jam ini
0 Response to "Strategi Konten Viral, Apa Itu Viral dan Keuntungan yang harus….."
Posting Komentar