Inilah 1-10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Peringkat 1 Finlandia dan Indonesia No 96


Negara Finlandia telah dinyatakan sebagai negara paling bahagia di dunia dalam peringtak terbaru yang dikeluarkan oleh PBB. Posisi Finlandia mengalahkan negara-negara Nordik lainnya dalam tempat teratas.

Setiap tahun, Jaring Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB menerbitkan laporan tentang kebahagiaan global, menyusun ranking 156 negara berdasarkan tingkat kebahagiaan mereka. Finlandia menyingkirkan Norwegia dari posisi teratas, sementara Denmark menempati posisi ke tiga dalam daftar tersebut. Denmark sendiri sebelumnya merupakan pemenang dalam survei tahunan.
Inilah 1-10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Finlandia Peringkat 1 dan Indonesia no 96

Michael Birkjaer, dari Danish Happiness Research Institute, mengatakan tidak ada perbedaan besar antara negara peringkat lima besar dengan perbedaan marjinal di antara keduanya.

Penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan berkorelasi dengan enam variabel utama: pendapatan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kepercayaan dan kedermawanan. Dengan dukungan ini, negara-negara di puncak peringkat kebahagiaan juga mendapat nilai bagus di bidang ini, dengan negara-negara Nordik yang mendominasi peringkat karena memiliki reputasi untuk kebebasan pribadi yang tinggi dikombinasikan dengan jaring pengaman sosial yang kuat.

Amerika Serikat (AS) dalam laporan itu ditempatkan pada posisi ke-18. Meskipun tingkat pendapatan di negara adidaya itu tinggi, namun AS mempunyai masalah dalam bidang kesehatan seperti meningkatnya obesitas dan depresi, serta tingkat ketidaksetaraan pendapatan yang tinggi.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa daftar negara dengan imigran paling bahagia hampir identik dengan negara-negara paling bahagia, secara keseluruhan. Terlebih lagi, imigran cenderung bergerak menuju tingkat kebahagiaan negara tempat mereka berada.

"Tidak peduli dari mana asalnya, Anda akan bertemu dengan tingkat kebahagiaan rata-rata di lokasi tertentu. Dengan pemikiran tersebut, mungkin perlu mempertimbangkan untuk pindah ke negara di dekat bagian atas daftar jika Anda saat ini tidak bahagia," ujar Birkjaer disitir dari ABC News, Kamis (15/3/2018).

Sementara itu, Burundi di Afrika timur, yang diliputi oleh pembunuhan etnis, perang saudara dan usaha kudeta, adalah tempat yang paling tidak bahagia di dunia. Secara mencolok, ada lima negara lain - Rwanda, Yaman, Tanzania, Sudan Selatan dan Republik Afrika Tengah - yang dilaporkan tingkat kebahagiaannya berada di bawah bahkan di Suriah, seperti dikutip dari dari The Guardian.

Meskipun negara-negara Afrika mendapatkan nilai kebahagiaan terburuk, satu negara Afrika Barat telah melawan tren tersebut. Togo yang berada di bawah pada tahun 2015 namun melakukan lompatan terbesar dalam laporan 2018, naik 18 tingkat. Orang Latvia dan Bulgaria juga dilaporkan memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

Sementara Indonesia berada di peringkat ke-96. Peringkat Indonesia persis berada di bawah Vietnam (95) dan di atas Kamboja (120) dan Myanmar (130). Sedangkan Singapura adalah negara Asia Tenggara yang peringkat paling tingi. Singapura berada di posisi 21, kemudian disusul oleh Thailand (46), Malaysia (54), dan Filipina (71).

Berikut adalah 10 besar negara paling bahagian di dunia:
1. Finlandia
2. Norwegia
3. Denmark
4. Islandia
5. Swiss
6. Belanda
7. Kanada
8. Selandia Baru
9. Swedia
10. Australia
 [1

0 Response to "Inilah 1-10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Peringkat 1 Finlandia dan Indonesia No 96"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel