6 Faktor Yang Bisa Jadi Penentu Keberhasilan Toko Online

Tips toko online dan Faktor Yang Bisa Menjadi Penentu Keberhasilan Toko Online

Inilah perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin modern serta kian mudahnya akses internet di berbagai penjuru daerah, menjadikan pertumbuhan toko online di negara kita semakin hari kian melesat pesat. Berbagai macam produk maupun jasa bahkan mulai dipasarkan para pelaku bisnis Online di ranah maya untuk mendatangkan untung besar setiap hari dan bulannya.

Berikut beberapa Tips toko online dan Faktor Yang Bisa Menjadi Penentu Keberhasilan Toko Online :

1. Hindari Membuat Situs Toko Online Dengan Sistem Belanja yang Menyusahkan

Tujuan utama dari sistem belanja online adalah kemudahan bagi para konsumen yang ingin berbelanja suatu produk Ingat Kata Kemudahan dan Kemudahan”. Hal ini tentu saja membuat sebagian besar konsumen belanja online lebih senang berbelanja di situs-situs toko online sederhana yang tidak ‘gak ribet’. Ribet juga artian tidak harus mengklik sana-sini dalam prosesnya memesan produk.

Ada beberapa contoh sistem toko online yang bisa disebut ‘ribet’, atau yang menggunakan sistem ‘add to cart’ atau took online yang harus mendaftarkan email terlebih dahulu bahkan ada juga yang mengharuskan memasukkan nomer kartu kredit terlebih dahulu. Mudahkan sistem belanja mereka. Cukup sertakan nomer handphone dan alamat Facebook, segalanya jadi lebih enak bagi mereka. Apalagi kalau anda bersedia menerima telepon dalam jam kerja. Sebagian besar konsumen online di Indonesia akan lebih senang bila bisa bicara langsung dengan anda, SMS-an, BBM-an atau melalui media chatting lainnya.

2. Bekali Diri Dengan Pengetahuan Internet Jika Perlu Kursus SEO !

Toko online adalah toko yang letaknya di internet. Seperti halnya bila anda menyewa lapak di mall, anda harus kenali mall tersebut dengan baik. Anda harus mempelajari dari pintu mall bagian mana kebanyakan potensi pembeli produk anda masuk. Anda harus mempelajari apakah lokasi lapak anda di mall sudah cukup strategis untuk jenis barang yang anda jual. Demikian pula halnya di internet.

Di internet, anda harus belajar di mana para calon pembeli anda sering nongkrong. Apakah di forum, grup di Facebook, atau kebanyakan datang dari mesin pencari seperti Google, Yahoo! ataupun Bing. Dengan mengetahui pangsa pasar anda di internet, tingkat penjualan bisa dimaksimalkan.

Banyak jurus yang bisa anda praktikkan untuk meningkatkan penjualan anda di internet. Salah satunya adalah dengan pengetahuan bagaimana agar kebanjiran order dari mesin pencari (Google).

Kunci
Jutaan orang menggunakan Google untuk mencari barang yang mereka inginkan dan ini adalah pangsa pasar yang luas bila situs anda bisa ‘nongkrong’ di halaman hasil pencarian Google. Jurus ini dinamakan SEO (Search Engine Optimization) alias Memaksimalkan Mesin Pencari untuk keuntungan kita.

3. Gunakan Foto Produk yang Berkualitas dan sesuai dengan kualitas barang

Salah satu faktor yang membuat toko online mudah diingat dan makin disukai para pembeli adalah foto produk yang berkualitas. Unggahlah foto-foto produk dengan kualitas yang terbaik dari berbagai sisi. Ini sangat memudahkan pembeli untuk melihat produk anda secara detail. Hal ini dikarenakan foto-foto adalah satu-satunya interaksi visual antara calon pembeli dengan barang yang akan dibelinya. Pastikan calon pembeli mengetahui setiap detail barang yang dijual sehingga tidak merasa membeli barang palsu atau abal-abal.


5. Termasuk Sangat Penting Yaitu Lakukan Pelayanan yang Cepat Tanggap

Tips toko online dan Faktor Yang Bisa Menjadi Penentu Keberhasilan Toko Online

Tips toko online dan Faktor Yang Bisa Menjadi Penentu Keberhasilan Toko Online

Kecepatan dalam melayani pembeli juga menjadi factor penting yang menentukan dalam hal kualitas pelayanan. Jangan biarkan pembeli anda kelamaan menunggu balasan SMS, telepon, dan chat anda karena minat calon pembeli terhadap produk yang akan dibelinya bisa menurun (dan bahkan hilang) bila anda kelamaan menjawab SMS pemesanannya.

6 Jika Tidak Mampu Jangan Bekerja Sendiri !

Satu faktor yang membuat penjualan meningkat pesat dari waktu ke waktu adalah adanya reseller. Reseller adalah pihak-pihak yang menjual kembali produk anda kepada orang lain. Jadi anda perlu memberi diskon khusus untuk para reseller yang akan mereka jadikan selisih untuk keuntungan/laba mereka.

Buatlah sebuah halaman di toko online anda yang berisi perjanjian dengan reseller. Tentukan diskon atau mungkin komisi yang bisa anda berikan kepada mereka berdasarkan jumlah barang tertentu.

Langkah selanjutnya adalah bina hubungan baik dengan para reseller tersebut dan jangan pernah mengecewakan mereka. Perlakukan mereka sebagai rekan bisnis dimana ada hubungan saling membutuhkan. Jangan pernah merasa berkuasa dengan reseller, karena tanpa reseller anda akan kesulitan dalam usaha menjangkau pasar yang luas seorang diri. 

Sekian 6 Faktor Yang Bisa Jadi Penentu Keberhasilan Toko Online. Semoga Bermanfaat Salam MasYis

0 Response to "6 Faktor Yang Bisa Jadi Penentu Keberhasilan Toko Online "

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel