6 Faktor Yang Bisa Jadi Penentu Keberhasilan Toko Online
Inilah perubahan gaya
hidup masyarakat yang semakin modern serta kian mudahnya akses internet di
berbagai penjuru daerah, menjadikan pertumbuhan toko online di negara kita
semakin hari kian melesat pesat. Berbagai macam produk maupun jasa bahkan mulai
dipasarkan para pelaku bisnis Online di ranah maya untuk mendatangkan untung
besar setiap hari dan bulannya.
Berikut beberapa Tips
toko online dan Faktor Yang Bisa Menjadi Penentu Keberhasilan Toko Online :
1. Hindari Membuat Situs
Toko Online Dengan Sistem Belanja yang Menyusahkan
Tujuan utama dari sistem
belanja online adalah kemudahan bagi para konsumen yang ingin berbelanja suatu
produk Ingat Kata Kemudahan dan Kemudahan”. Hal ini tentu saja membuat sebagian
besar konsumen belanja online lebih senang berbelanja di situs-situs toko
online sederhana yang tidak ‘gak ribet’. Ribet juga artian tidak harus mengklik
sana-sini dalam prosesnya memesan produk.
Ada beberapa contoh
sistem toko online yang bisa disebut ‘ribet’, atau yang menggunakan sistem ‘add
to cart’ atau took online yang harus mendaftarkan email terlebih dahulu bahkan
ada juga yang mengharuskan memasukkan nomer kartu kredit terlebih dahulu.
Mudahkan sistem belanja mereka. Cukup sertakan nomer handphone dan alamat
Facebook, segalanya jadi lebih enak bagi mereka. Apalagi kalau anda bersedia
menerima telepon dalam jam kerja. Sebagian besar konsumen online di Indonesia
akan lebih senang bila bisa bicara langsung dengan anda, SMS-an, BBM-an atau
melalui media chatting lainnya.
2. Bekali Diri Dengan
Pengetahuan Internet Jika Perlu Kursus SEO !
Toko online adalah toko
yang letaknya di internet. Seperti halnya bila anda menyewa lapak di mall, anda
harus kenali mall tersebut dengan baik. Anda harus mempelajari dari pintu mall
bagian mana kebanyakan potensi pembeli produk anda masuk. Anda harus
mempelajari apakah lokasi lapak anda di mall sudah cukup strategis untuk jenis
barang yang anda jual. Demikian pula halnya di internet.
Di internet, anda harus
belajar di mana para calon pembeli anda sering nongkrong. Apakah di forum, grup
di Facebook, atau kebanyakan datang dari mesin pencari seperti Google, Yahoo!
ataupun Bing. Dengan mengetahui pangsa pasar anda di internet, tingkat
penjualan bisa dimaksimalkan.
Banyak jurus yang bisa
anda praktikkan untuk meningkatkan penjualan anda di internet. Salah satunya
adalah dengan pengetahuan bagaimana agar kebanjiran order dari mesin pencari
(Google).
Kunci
Jutaan orang menggunakan
Google untuk mencari barang yang mereka inginkan dan ini adalah pangsa pasar
yang luas bila situs anda bisa ‘nongkrong’ di halaman hasil pencarian Google.
Jurus ini dinamakan SEO (Search Engine Optimization) alias Memaksimalkan Mesin
Pencari untuk keuntungan kita.
3. Gunakan Foto Produk
yang Berkualitas dan sesuai dengan kualitas barang
Salah satu faktor yang
membuat toko online mudah diingat dan makin disukai para pembeli adalah foto
produk yang berkualitas. Unggahlah foto-foto produk dengan kualitas yang
terbaik dari berbagai sisi. Ini sangat memudahkan pembeli untuk melihat produk
anda secara detail. Hal ini dikarenakan foto-foto adalah satu-satunya interaksi
visual antara calon pembeli dengan barang yang akan dibelinya. Pastikan calon
pembeli mengetahui setiap detail barang yang dijual sehingga tidak merasa
membeli barang palsu atau abal-abal.
5. Termasuk Sangat
Penting Yaitu Lakukan Pelayanan yang Cepat Tanggap
Tips toko online dan
Faktor Yang Bisa Menjadi Penentu Keberhasilan Toko Online
Kecepatan dalam melayani
pembeli juga menjadi factor penting yang menentukan dalam hal kualitas
pelayanan. Jangan biarkan pembeli anda kelamaan menunggu balasan SMS, telepon,
dan chat anda karena minat calon pembeli terhadap produk yang akan dibelinya
bisa menurun (dan bahkan hilang) bila anda kelamaan menjawab SMS pemesanannya.
6 Jika Tidak Mampu
Jangan Bekerja Sendiri !
Satu faktor yang membuat
penjualan meningkat pesat dari waktu ke waktu adalah adanya reseller. Reseller
adalah pihak-pihak yang menjual kembali produk anda kepada orang lain. Jadi
anda perlu memberi diskon khusus untuk para reseller yang akan mereka jadikan
selisih untuk keuntungan/laba mereka.
Buatlah sebuah halaman
di toko online anda yang berisi perjanjian dengan reseller. Tentukan diskon
atau mungkin komisi yang bisa anda berikan kepada mereka berdasarkan jumlah
barang tertentu.
Langkah selanjutnya adalah
bina hubungan baik dengan para reseller tersebut dan jangan pernah mengecewakan
mereka. Perlakukan mereka sebagai rekan bisnis dimana ada hubungan saling
membutuhkan. Jangan pernah merasa berkuasa dengan reseller, karena tanpa
reseller anda akan kesulitan dalam usaha menjangkau pasar yang luas seorang
diri.
0 Response to "6 Faktor Yang Bisa Jadi Penentu Keberhasilan Toko Online "
Posting Komentar