Menggali dan Mengembangkan Ide Binis yang Mudah di Aplikasikan

Menggali dan Mengembangkan Ide Binis yang Mudah di Aplikasikan
Menggali dan mengembangkan bisnis tidak serta merta 1,2,3 ide bisinis, akan tetapi lebih banyak ide bisnis yang potensial yang masuk daftar list akan menjadi lebih mudah di perhitungkan. Secara gampang  untuk mencari ide bisinis adalah apa yang belum ada di sini atau tingkat persaingan kecil dan bagimana kebutuhan masyarakat akan barang/jasa ini.
3 hal pokok mendasar dan perlu di pertimbangkan sebelum penentuan Ide bisnis saudara.
A. Lokasi (dukungan infrastrukur dan strategis)
B. Penentuan bisnis barang atau jasa?
C. Kekuatan Ekonomi atau daya beli masyarakat sekitar, saudara bisa mencari data kemiskinan atau menghitung rata penghasilan masyarakat.
Sekiranya 3 hal pokok di atas tidak di lupakan dan menjadi pertimbangkan mendasar. Berikut cara menggali dan mengembangkan ide bisnis yang mudah di aplikasian.

Menggali dan Mengembangkan Ide

1. Pikirkan benda atau jasa apa yang bisa memperbaiki kehidupan Saudara. 
Tuliskan kelebihan dan kelemahan-kelemahan yang Saudara miliki. Saat melihat daftar tersebut,
apakah ada hal yang Saudara pikir bisa memperbaiki kehidupan Saudara?
Pertimbangkan juga pengalaman-pengalaman  yang Saudara punya Dengan waktu dan kreativitas? Saudara mungkin bisa mengenali beberapa produk atau jasa yang bisa dikembangkan sebagai bisnis

2 Putuskan apakah Saudara ingin menyediakan produk atau jasa.
 Ide bisnis baru kemungkinan besar dibuat berdasarkan produk atau jasa. Setiap produk atau jasa tersebut membutuhkan pemikiran dan kreativitas. Sebelum memutuskannya, akan tetapi lebih baik pertimbangkan semua keuntungan dan tantangan dari produk atau jasa tersebut.

3. Jika untuk produk baru, Saudara harus mengembangkan produk baru yang bagus atau meningkatkan kualitas produk yang sudah ada. Kemudian, investasikan sejumlah uang untuk memproduksinya.  Bisnis ini membutuhkan biaya, namun jika berhasil bisa sangat menguntungkan.

4. Jika saudara memilih penyediaan jasa akan menghilangkan kebutuhan untuk mengembangkan dan memproduksi barang baru. Namun, Saudara mungkin harus merekrut  lebih banyak karyawan karena bisnis akan sulit dikembangkan jika Saudara bekerja sendiri.
Produk barang atau jasa membutuhkan pemasaran dan pengiklanan. Jadi, baik produk ataupun jasa, investasikan juga waktu dan biaya untuk binis sektor ini.

5. Mencoba menge-list (membuat daftar) masalah di industri yang sudah ada.
Bisnis atau penemuan sering kali dimulai dengan kekecewaan terhadap sistem yang sudah ada.

Cara yang bagus untuk menciptakan rencana bisnis adalah dengan mencari masalah-masalah tersebut. Jika Saudara merasa kecewa terhadap sesuatu, seperti tidak adanya orang yang menyediakan jasa perbaikan alat penyemprot obat segala jenis tanaman padi atau palawija. Hal ini bisa menciptakan peluang pasar. Setelah mengenali masalah tersebut, Saudara bisa memperbaikinya dengan menyediakan jasa tersebut.

6. Kembangkan ide bisnis yang sudah ada.
Selain mempelajarinya dari masalah dengan industri yang sudah ada, Saudara juga bisa belajar dari bisnis yang berhasil. Pelajari bisnis tersebut dan lihat apakah Saudara bisa mengembangkannya. Dengan mengembangkan ide dari industri yang sudah ada, Saudara bisa mengukirkan nama Saudara di pasar.

Contohnya, banyak mesin pencari telah muncul saat Google dibuat. Namun, Google dikenal mempunyai algoritma yang sangat akurat sehingga meningkatkan kualitas hasil pencarian. Google berhasil mengembangkan ide bagus yang sudah ada yaitu mesin pencari dan menjadi mesin terkaya di didunia.

7. Berpikirlah ke depan.
Wiraswasta yang sukses adalah inovator. Mereka yang tidak puas dengan metode atau teknologi lama, tetapi mencari hal yang dirasa akan berhasil di masa depan. Saudara bisa melakukan hal ini dengan menanyakan diri Saudara sendiri apa langkah logis selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengembangkan sebuah produk atau jasa. 

Misalnya, karena pembelajaran jarak jauh dan video konferensi semakin populer, Saudara mungkin bisa mulai membuat perusahaan yang khusus mengatur pertemuan pebisnis online. Dengan melihat tren kekinian dan mengembangkannya, Saudara bisa menciptakan sebuah ide yang futuristik dan bisa mengubah pasar.

8. Lakukan riset pendahuluan terkait konsumen.
Meskipun riset pasar biasanya hanya dilakukan setelah mempunyai ide, Saudara bisa melakukan riset awal untuk mencari tahu hal yang orang-orang hargai. Langkah ini bisa membantu Saudara menciptakan ide berdasarkan keinginan dan kebutuhan orang-orang.
Lakukan riset melalui internet dan lihatlah kata kunci atau pencarian yang umum. Dengan begitu, Saudara bisa mengetahui hal yang paling sering dicari dan membuatnya sebagai inspirasi untuk ide bisnis Saudara.

Untuk metode pencarian kata kunci populer yang lebih rumit, Saudara bisa menggunakan situs seperti Google Adwords Kedua situs tersebut juga bisa menganalisis mesin pencari dan mencari pencarian yang umum

9. Terapkan keahlian Saudara dalam bidang lain.
Cara lain untuk menciptakan produk atau jasa yang baru adalah dengan menggunakan keahlian yang Saudara dapatkan dari tempat lain. Dengan kreativitas, keahlian yang dipelajari di tempat lain sering kali bisa diaplikasikan untuk meningkatkan bidang yang benar-benar berbeda.

10. Tuliskan pada kertas yang besar semua ide-ide.
Tidak peduli seberapa kecil atau sepele, setiap ide itu berharga. Biasakan untuk menulis setiap ide yang Saudara punya dalam sebuah buku catatan. Selalu bawa buku tersebut karena kita tidak pernah tahu kapan inspirasi akan datang. Dengan begitu, semua ide Saudara bisa tersimpan rapi di buku tersebut.
Baca ide-ide tersebut secara teratur dan lihat apakah Saudara bisa mengembangkan salah satu ide diantaranya.

Meskipun ada buku catatan, Saudara juga harus mempertimbangkan untuk menyimpan data cadangannya di komputer. Hal ini supaya Saudara mempunyai cadangan catatan seandainya buku catatan tersebut hilang atau rusak. Penyimpanan digital juga akan membuat Saudara bisa mengklasifikasikan ide-ide tersebut dengan lebih rapi dan efektif.

11. Asahlah kreativitas Saudara.
Pada tahap ini, jangan bersikap terlalu kritis dengan ide-ide yang muncul. Saat periode (brainstorming) jangan batasi kreativitas Saudara. Bebaskan pikiran Saudara dan lihat ide-ide apa saja yang muncul. Kreativitas dan proses penciptaan ide bisa distimulasi dengan beberapa cara.
Seperti, berjalan-jalan.

Beberapa studi telah membuktikan bahwa berjalan-jalan membantu menstimulasi aktivitas otak, terutama kreativitas. Berjalan-jalanlah beberapa kali setiap minggu, terutama saat Saudara sedang suntuk. Tidak hanya bagus untuk kesehatan, berjalan-jalan juga akan membantu Saudara untuk menciptakan ide yang bagus.
Meski terlihat aneh atau gila. pastikan juga untuk membawa buku catatan saat berjalan-jalan agar Saudara bisa langsung menuliskan ide yang muncul.

12. Kunjungi toko-toko yang ada. 
Jika membutuhkan ide, pergilah ke toko-toko atau /department store/ yang menjual banyak produk. Kemudian, perhatikan produk-produk tersebut: produk apa saja yang dijual? apa kekurangan produk-produk tersebut? Perhatikan juga benda-benda yang tidak dijual karena hal tersebut mungkin akan memberikan ide terkait produk yang tidak ada di pasar dan bisa dijual

13. Bicaralah dengan orang dari berbagai bidang. 
Jika Saudara sedang mencoba menciptakan perangkat lunak baru, jangan hanya berbicara dengan pakar di bidang komputer. Bicaralah dengan orang yang bekerja di bidang yang berbeda, terutama bidang yang tidak terlalu Saudara ketahui. Perhatikan cara orang-orang tersebut menggunakan produk atau jasa untuk membantu kehidupannya. Hal ini akan membuat Saudara berpikir kreatif dan melihat hal dari perspektif yang berbeda. Perspektif yang baru bisa meningkatkan daya kreativitas Saudara.

14. Beristirahat tenangkan pikiran jangan terlalu spaneng.
Meskipun sedikit klise, cerita orang-orang yang mendapatkan ide-ide brilian saat mandi itu memang benar. Ide sering kali muncul saat otak tidak dipaksa untuk memikirkannya. Dengan beristirahat, otak juga akan beristirahat.

Saat waktu istirahat tersebut, usahakan untuk tidak memikirkan bisnis Saudara, produk, atau hal apa pun yang terkait. Luangkan waktu untuk menonton film, membaca buku, berjalan-jalan, atau melakukan aktivitas lain yang Saudara sukai. Saat beristirahat, ide bagus yang bisa mengatasi masalah yang sedang Saudara alami mungkin saja muncul

15. Banyak tidur atau Revolusi Tidur
Selain beristirahat, otak juga membutuhkan tidur agar tetap segar. Usahakan untuk mendapat cukup tidur setiap malamnya agar otak bisa bekerja dengan optimal. Letakkan juga bolpoin dan kertas di dekat tempat tidur. Terobosan atau ide mungkin saja muncul dalam mimpi.

Baca Penting juga Tahap 2 Evaluasi dan Mewujudkan Ide bisnis

Sekian Tahapan Menggali dan Mengembangkan Ide Binis Mudah di Aplikasikan. Semoga bermanfaat, mudah di aplikasikan dan menginspirasi saudara. Salam MASYIS Blog lokal kebumen.



Sumber pendukung :
entrepreneur.com
forbes.com
businessinsider.com
business2community.com
marketingprofs.com
business2community.com

marketingprofs.com

1 Response to "Menggali dan Mengembangkan Ide Binis yang Mudah di Aplikasikan "

Widodo Groho Triatmojo mengatakan...

Bagus dan inspiratif

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel