Pribumi Sukses Seperti Orang China Ini 3 Kuncinya

Kenyataannya memang dalam dunia bisnis, terutama di daerah perkotaan, orang-orang china memang nyaris mendominasi perekonomian. Di Indonesia ini jumlah pengusaha yang asli berdarah Indonesia hanya mencapai 30% saja.

Sebagai orang Indonesia yang noatebene-nya adalah warga pribumi, apakah kita tidak merasa malu dengan jumlah pengusaha yang hanya mencapai angka segitu?

Jika kita mengerti dengan baik apa yang menyebabkan bangsa ini maju, jika kita juga mengerti apa yang membuat perekonomian bangsa Indonesia ini semakin berkembang, maka kita akan lebih memilih untuk menjadi wirausahawan / pelaku bisnis dari pada hanya bekerja sebagai pegawai atau buruh.


Lalu apa yang membuat mereka (orang-orang china) itu bisa sesukses itu?

Pribumi Sukses Seperti Orang China Ini 3 Kuncinya 

Sebelum langsung menjawabnya, coba kita renungkan terlebih dahulu tentang bagaimana cara kerja diri kita selama ini.
Apanya yang kurang?
Apakah itu karena pola pikir kita yang kebanyakan masih kolot alias tidak ingin keluar dari zona aman?
Apakah itu karena kita masih takut untuk mencoba-coba hal baru? Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masih menjadi PR kita.

Nah jawaban dari pertanyaan mengapa orang china bisa cepat sukses dan cepat kaya, maka dapat kita simpulkan ada tiga penyebabnya, soal uang (yang mencakup bagaimana mereka mengelola uang), cara merek bekerja (meliputi kedisiplinan, dedikasi, visi dan misi), serta gaya hidup.

1. Faktor pertama adalah uang
Sebagai seorang pengusaha yang sukses, sudah seharusnya kita benar-benar memperhitungkan keuangan yang masuk dan uang yang keluar, sekecil apapun itu. Ini syarat utama kita menjalankan bisnis, parahnya orang-orang pribumi sering mengabaikan hal ini.

Selain itu, ketika orang-orang china mendapat uang dari jerih payahnya, tidak lantas membuat mereka berpuas diri dan menggunakan uang itu untuk beli ini dan itu. Mereka begitu kuat menanamkan doktrin untuk selalu berinvestasi.
Percaya atau tidak, mereka hanya menggunakan 20 – 30% uangnya untuk keperluan sehari-hari, dan selebihnya mereka gunakan untuk investasi lainnya.
Untuk kebiasaan menabung jangan di tanya, mereka sudah ahlinya dari sejak kecil

Menyinggung tentag pakaian dan penampilan bagi mereka itu adalah kebutuhan nomor 100, beda jauh dengan gaya orang pribumi yang kebanyakan lebih mengedepankan penampilan dari pada kualitas diri. Kita bisa lihat ketika toko baju dipenuhi oleh pengunjung, hampir semuanya orang pribumi, tragisnya sang pemilik toko lagi-lagi orang china.

2. Alasan kedua orang china bisa cepat sukes adalah dari cara mereka bekerja
Jangan kaget ketika kita melamar pekerjaan terus telat sedikit saja kita sudah tidak diterima lagi di perusahaan-perusahaan atau tempat milik orang china, sebab mereka benar-benar menerapkan disiplin yang penuh. Mereka menganggap bahwa kedisiplinan itu juga sangat mempengaruhi ke-etos-an kerja seseorang.

Bagaimana dengan warga pribumi? “Jam karet” sudah mendarah daging dalam diri mereka

Selain disiplin, ternyata mereka juga sangat berdedikasi tinggi dalam melakukan sesuatu terlebih untuk menjalankan usaha/bisnis sekalipun itu adalah bisnisnya sendiri. Dedikasi disini meliputi kecepatan, tanggung jawab, serta melakukan pekerjaan semaksimal mungkin.

3. Faktor ketiga adalah tentang gaya hidup
Tidak usah heran jika orang-orang china itu lebih suka masak sendiri dan memakan makanan apa adanya sehari-hari. Alasannya sudah penulis jelaskan pada poin pertama tadi, menghemat uang dan menggunakan uang untuk hal-hal yang penting saja, demi masa depan.

Sayangnya itu tidak berlaku pada orang-orang warga pribumi, setelah gajian atau setelah mereka mendapatkan keuntungan, makan-makan di restoran. Untuk sekedar refreshing ini sebenarnya bagus, namun jika ketigahan dengan masakan-masakan yang enak bisa gawat.

Sedangkan soal rumah, orang-orang china tidak akan tergesa-gesa untuk bisa membangun rumah yang bagus dengan segala perlengkapan yang serba mewah. Tapi tidak untuk orang Indonesia, punya uang sedikit saja sudah tidak betah untuk bisa memiliki istana.

Ketiga alasan itulah yang menjadi sebab mengapa orang-orang china banyak yang sukses menjalankan berbisnis, dan membuat mereka cepat kaya. Perlu kita ketahui satu hal bahwasannya kata kaya itu tidak bisa dilihat dari apa-apa yang tampak dari luar saja.

Kelihatannya punya rumah mewah dan mobil yang bagus tapi hutangnya banyak, kelihatannya berpakaian jaz dan berdasi tapi ternyata pinjam, apa yang bisa dibanggakan dari semua itu?

Sedikit contoh saja, mari kita lihat bagaimana seorang Jack Ma bisa sangat popular dalam dunia bisnis. Butuh bertahun-tahun bagi dia untuk bisa menjadi seperti sekarang ini, percaya apa tidak? Jika dulu Jack Ma sempat rugi selama dua tahun ketika pertama kali membangun toko online yang sekarang bernama alibaba itu?

Dia memang sengaja untuk mementingkan kebutuhan dan pelayanan yang nyaman pada setiap pelanggan yang datang ekalipun dia harus tekor. Sekarang? Anda tahu sendiri bagaimana dia.

Kita sebagai warga pribumi harusnya bisa mencontoh mereka, jangan lantas dihujat pelit. Secara tidak langsung sebenarnya mereka sudah banyak memberikan kita pelajaran tentang bagaimana menjalankan bisnis yang baik dan yang bisa berkembang dengan cepat.

Namun sialnya, justru pandangan yang berbeda dan negative yang keluar dari pikiran kita, tentang mereka orang-orang china. Semoga artikel ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua dan bisa merubah pola berpikir kita untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Sumber pendukung :

http://www.harianpost.co.id/13826/3-alasan-orang-china-banyak-yang-sukses-menjalankan-bisnis/

0 Response to "Pribumi Sukses Seperti Orang China Ini 3 Kuncinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel